2010/6/5 Yohanes Nugroho <yoha...@gmail.com>:

> [..]

> bukan begitu maksudnya. Selain driver JDBC, umumnya sebuah file JAR
> berisi kelas-kelas yang kita import (diproses waktu compile). Untuk
> JAR yang seperti ini, jika classpath salah, dicompile pun akan gagal.
> Untuk driver JDBC, ini diload pada runtime dan tidak akan terdekeksi
> pada compile time jika classpathnya salah (tetap lulus compile).
>

> --
> Regards
> Yohanes
> http://yohan.es/

Wah... ternyata yang kasih saran banyak juga ya.... terima kasih semua.....
untuk lebih mudahnya, kode program yang saya buat spt ini :
===
import java.sql.Connection;
import java.sql.DriverManager;
import java.sql.SQLException;
import java.sql.Driver;

public class JdbcExample2 {

  public static void main(String args[]) {
    try {
          String driver = "com.mysql.jdbc.Driver";
      Class.forName(driver);
      Connection con =
DriverManager.getConnection("jdbc:mysql://localhost:3306/uji","root",
"");
      if(!con.isClosed())
        System.out.println("Successfully connected to MySQL server
using TCP/IP...");
    } catch(Exception e) {
      System.err.println("Error: " + e.getMessage());
    } finally {
    }
  }
}
===
dan pesan kesalahan yang muncul saat program dieksekusi spt ini :

===
Exception in thread "main" java.lang.NoClassDefFoundError: JdbcExample2
Caused by: java.lang.ClassNotFoundException: JdbcExample2
        at java.net.URLClassLoader$1.run(URLClassLoader.java:202)
        at java.security.AccessController.doPrivileged(Native Method)
        at java.net.URLClassLoader.findClass(URLClassLoader.java:190)
        at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:307)
        at sun.misc.Launcher$AppClassLoader.loadClass(Launcher.java:301)
        at java.lang.ClassLoader.loadClass(ClassLoader.java:248)
Could not find the main class: JdbcExample2.  Program will exit.
===

Kalau saya tidak salah menerjemahkan, pesan tsb diatas mengatakan
kalau class yang digunakan dalam program tidak ditemukan. Berarti
seting classpathnya masih bermasalah, benar ?

Perintah echo $CLASSPATH menghasilkan spt ini :

/home/kris/j-connector/mysql-connector-java-5.1.12-bin.jar (ralat
untuk posting awal)

dan seting classpath di .bashrc spt ini (sudah di koreksi) :

CLASSPATH="/home/kris/j-connector/mysql-connector-java-5.1.12-bin.jar"

export CLASSPATH

Sebagai informasi, saya develop program javanya menggunakan geany,
tidak netbeans ataupun eclipse.

@ifnu dan Martinus, terima kasih untuk sarannya.
.

--