Assalamu'alaikum wr.wb.

AR--> Mohon maaf, saya agak bingung memanggil Uda atau
      Bapak.

adr-> Sanak Ahmad, saya juga tidak mengetahui umur
sanak, namun dari diskusi sanak dengan Ronald dan M.
Arfian, saya kira sanak lebih muda dari saya, sanak
boleh panggil saya uda atau om kalau umur sanak jauh
dibawah umur saya (42th)....;-), namun dipanggil nama
sajapun saya tidak keberatan sedikitpun.

AR--> Saya yakin Uda Muhammad dan Uda Ronal mengenal
dengan baik profil Daud Rasyid. Kalau tidak salah
beliau turut terdaftar sebagai caleg PKS.

http://pk-sejahtera.org/kampanye.php?op=listcaleg&prov=12&zona=3

Nah, beliau ini adalah salah satu penentang NM dan
dikatakan juga bahwa Hidayat Nur Wahid dan Amien Rais
pun dulu termasuk ke dalam barisan Daud Rasyid.

adr-> Ini cuma menjawab bahwa Daud Rasyid adalah
anggota PKS, namun belum menjawab pertanyaan apakah
beliau dikatakan mewakili sunnah waljama'ah. Apakah
semua yang berseberangan dengan NM bisa dikatakan dia
mewakili sunnah waljamaah...?

AR-->Siapakah yang benar-benar ahlus sunnah wal
jamaah?

Tentunya yang memahami dan mengamalkan Islam
berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah sesuai dengan
pemahaman salafush shalih.

Dalam sabda Rasulullah diberitahukan ciri-cirinya:
"Ummatku akan terpesah-belah menjadi 73 golongan;
yang 72 golongan masuk neraka dan yang satu masuk
surga. Golongan ini adalah yang mengikuti jalan
hidup seperti yang aku tempuh hari ini dan jalan
para sahabat."

adr-> dari hadits nabi ini dikatakan bahwa umat islam
akan terpecah menjadi demikian banyak golongan...,
tahukah sanak manakah yang satu itu....?.
Pernahkah sanak mendengar bahwa golongan yang satu itu
dikatakan jamaah...?.
Bicara mengenai jamaah, tidak dikatakan seseorang
berjamaah kalau dia tidak beramir, dan dikatakan
seseorang tidak beramir kalau tidak ada bai'at.
Saya yakin sanak punya juga dalil2 yang menerangkan
masalah ini.

AR-->Dalam agama Islam yang saya ketahui penentuan
keputusan tentang hukum ataukah penilaian terhadap
suatu pendapat harus dipulangkan ke Al-Qur'an dan
Sunnah sesuai dengan pemahaman salafush shalih.

Allah berfirman:
"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan
taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.
Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al
Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar
beriman kepada Allah dan hari kemudian.
Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih
baik akibatnya." (QS. An-Nisaa' 4:59)

adr-> Saya sepakat dengan pendapat sanak ini bahwa
setiap ada perselisihan harus dikembalikan kepada
Alqur'an dan Alhadits.
Namun tahukah sanak bahwa hukum2 yang tertulis dalam
Alqur'an dan Alhadits sebagian besar tertulis secara
global dan yang akhirnya melahirkan begitu banyak
penafsir2 tentang Alqur'an dan alhadits itu sendiri.
Kalau sanak mengikuti beberapa orang penafsir dan yang
lain mengikuti beberapa orang penafsir yang lain,
dapatkah dikatakan bahwa fihak yang satu kembali
kepada Q+H dan yang lain tidak kembali...?

Dalam dalil diatas jelas diperintahkan bahwa kita
harus mentaati Allah, Rasul dan Ulil Amri.
Tahukah sanak siapa yang dimaksud ulil amri disini...?

AR-->Memang NM hanya salah satu penulis namun buku
tersebut diterbitkan oleh Yayasan Wakaf Paramadina
bekerjasama dengan The Asia Foundation. Tentunya NM
secara sadar turut menyetujui buku tersebut karena
tidak terdengar keberatan darinya.

adr-> Kembali kepada masalah penafsiran dari firman2
Allah, yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda
sudut pandangnya, maka sudah fairkah kita
menjustifikasi bahwa NM tidak benar, atau Islam
Liberal itu sesat sehingga sempat dipermasalahkan oleh
sanak tentang kehadiran NM dalam kampanye2 PKS dalam
diskusi2 sebelumnya.

Wa Allahu a'lam.

> Ahmad Ridha

wassalam