Assalamulaikum Wr. Wb.

Saya ikut memberikan komentar sedikit mengenai Demokrasi, komentar sebagai
orang awam karena bukan bidang saya.

Setahu saya tidak banyak negara yang berhasil dan bisa maju dengan
menjalankan demokrasi seperti Amerika. Singapur (Republic of Singapore)
meskipun bukan kerajaan dan kesultanan tidak menjalankan demokrasi dan ini
jelas-jelas dinyatakan oleh pemimpinnya.

Sekarang kita di Indonesia sebagai sebuah negara besar ingin menjalankan
demokrasi. Tentunya yang perlu kita pelajari adalah mekanisme apa yang
membuat sistem demokrasi ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan
kesejahteraan bagi rakyatnya?

Saya mengharapkan kita memandang ini dengan penekanan pertama pada negara
"besar" dan kedua tujuannya adalah "kesejahteraan". Indonesia adalah negara
besar, kalau kita overlay-kan peta Indonesia akan menutupi California sampai
ke New York. Dengan predikat negara besar akan besar pula usaha yang
diperlukan untuk menjalankan mekanisme demokrasi. Mulai dari sisi perangkat
lunak - UU, policy dan prosedures di pemerintahan dan lembaga kontrol,
system software, kemudian perangkat keras - infrastruktur komunikasi dan
komputer (information and communication technology). Setelah itu kesiapan
sumber daya manusia di semua tempat yang tersebar yang ada rakyatnya.

Luasnya Indonesia juga akan dipersulit atau diperkompleks masalahnya dengan
kenyataan pulau dan laut. Sehingga komunikasi dan mekanisme pencerahan
demokrasi perlu usaha yang lebih berat dibanding apabila semuanya daratan?
Ini perlu kajian lebih dalam? Kedua kita coba pahami tujuan kita adalah
kesejahteraan bagi rakyat. Bagaimana kita mengkomunikasikan kesejahteraan
yang cukup sulit untuk di definisikan dan diukur kepada semua rakyat dengan
tingkat pendidikan yang ada.

Kalau pilihannya tidak Demokrasi, lalu system apa?

Wassalam,

Ridwan