OK, terima kasih atas tanggapannya. mohon maaf jika saya belum menanggapinya,
soale liburan puanjanggg......btw..saya sih pengen coba mikrotik, tapi ga puya
duit euy....

saya punya konfigurasi jaringan seperti ini

    |--------------------|
    | adsl modem   |
    |--------------------|

    |----------------|     |-------------|
    | server a     |----| server b  |
    |----------------|     |-------------|

        |        |
    |--------------|
    | local        |
    |--------------|

server a : dns & web
server b: https & mail

sekarang apakah jika saya memanfaatkan fasilitas dmz di adsl modem dan memilih
server a sebagai dmz, apakah itu berarti traffic yang masuk ke server a di-nat
oleh adsl modem ? jika itu yang terjadi berarti saya harus juga melakukan snat
di server a ?

jika saya memilih fasilitas virtual server (port forwarding) di adsl modem, dan
mensetting port 53 (dns), 80(web) forward ke server a dan port 25 (smtp) dan
port 443(https) ke server b, apakah saya tetap harus melakukan nat di server a ?

Yang membuat saya bingung, jika saya setting semua penomoran ip server dengan
ip lokal di dns (termasuk ip nameserver-nya), apakah dns akan memberikan
jawaban alamat ip lokal ini jika ada yang queri ke dns domain saya ? saya masih
agak bingung dengan ini. Soalnya, saya sudah coba mensetting adsl modem dengan
port 80 di forward ke server a. Jika queri nomor ip-nya, sudah ok. halaman web
bisa ditampilkan, tetapi yang jadi masalah jika saya query ke nama domainnya,
tidak bisa. saya disini memakai adsl modem dlink 2540

mohon pencerahannya...

 ---
Imam Cartealy