itu seperti nya DNS config bapak yg seeprtinya blm benar.
coba bapak ping domain bapak di DNS server bapak  apakah muncul IP nya.
kl untuk nat yg setau saya yah seharus nya di router bukan computer dibelakang router

imam cartealy wrote:
OK, terima kasih atas tanggapannya. mohon maaf jika saya belum menanggapinya,
soale liburan puanjanggg......btw..saya sih pengen coba mikrotik, tapi ga puya
duit euy....

saya punya konfigurasi jaringan seperti ini

    |--------------------|
    | adsl modem   |
    |--------------------|

    |----------------|     |-------------|
    | server a     |----| server b  |
    |----------------|     |-------------|

        |        |
    |--------------|
    | local        |
    |--------------|

server a : dns & web
server b: https & mail

sekarang apakah jika saya memanfaatkan fasilitas dmz di adsl modem dan memilih
server a sebagai dmz, apakah itu berarti traffic yang masuk ke server a di-nat
oleh adsl modem ? jika itu yang terjadi berarti saya harus juga melakukan snat
di server a ?

jika saya memilih fasilitas virtual server (port forwarding) di adsl modem, dan
mensetting port 53 (dns), 80(web) forward ke server a dan port 25 (smtp) dan
port 443(https) ke server b, apakah saya tetap harus melakukan nat di server a ?

Yang membuat saya bingung, jika saya setting semua penomoran ip server dengan
ip lokal di dns (termasuk ip nameserver-nya), apakah dns akan memberikan
jawaban alamat ip lokal ini jika ada yang queri ke dns domain saya ? saya masih
agak bingung dengan ini. Soalnya, saya sudah coba mensetting adsl modem dengan
port 80 di forward ke server a. Jika queri nomor ip-nya, sudah ok. halaman web
bisa ditampilkan, tetapi yang jadi masalah jika saya query ke nama domainnya,
tidak bisa. saya disini memakai adsl modem dlink 2540
mohon pencerahannya...

 ---
Imam Cartealy