Saya nggak terlalu bermasalah dengan ungkapan 'Islam itu tinggi dan
tidak ada yang lebih tinggi'.  Sementara ini saya anggap sejalan
dengan tawaran dari saya sendiri bahwa Islam itu nggak berbenturan
dengan isme-isme lain. Karena Islam yang kita percayai datangnya
dari wahyu itu MEMENUHI secara intensif, termasuk memenuhi isme-isme
itu. Ini lebih pake elmu rasa-rasa ketimbang penjabaran rasional.
BAgaimana menurut pendapat mbak Alvi sementara ini, dengan tawaran
ungkapan semacam ini - walaupun masih terbatas. Let me know your
thoughts.

Hanya saja yang saya herankan dari mbak Alvi adalah mbak menganggap
Islam lebih tinggi dari pluralism, liberalism, demokrasi,
dsb ....tapi di postingan lain mbak mengkorfirmasikan diri dalam
fundamentalism yang artinya kira-kira sama dengan kaffah.

Pertama, jadi mbak mensejajarkan fundamentalism dengan Islam?
Begitukah?

Kedua, bagi saya pemikiran inti fundamentalism itu SAMA SEKALI NGGAK
KAFFAH.  Jauuuuh dari kaffah. Karena fundamentalism menderita
distorsi pemikiran yang memisahkan 'realitas kekinian' (i.e konteks)
dari teksnya. Dikotomis banget kan? Pembacaan sirah Nabi jauh dari
pemikiran fundamentalis. Nabi sangat membumi pada masanya.

Salam
Mia

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "alvi_ik" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> [...]
> seingat saya bunyinya -al islamu ya'lu wa la yu'la 'alaihi- nanti
> coba saya cek lagi atau mungkin ada sdr2 yg mengetahuinya??? atau
> Pak HMNA??
>
> Dan, secara pribadi saya tidak merasa malu atau merasa bersalah
utk
> meyakini dan menyampaikan bahwa Islam itu tinggi. Saya sgt
bersyukur
> mjd muslim dan semoga senantiasa diberi petunjuk utk tetap
memegang
> ajarannya (walaupun diibaratkan seperti memegang bara api). Dengan
> istilah lain 'proud to be moslem'. kalo ini dianggap
sombong...saya