Tambahan penekanan:
"Katakanlah kepada wanita yang beriman:"Hendaklah mereka menahan pandangan
mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan
perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka.Dan hendaklah
mereka menutupkan kain kudung kedada mereka...  (QS. An Nuur : 31)

Kata2 kecuali yg biasa nampak dari mereka ini, mengandung konotasi budaya.
dalam arti toleransi pada budaya setempat.
Bahkan di negeri baratpun, tidak ada budaya yg biasa nampak adalah yg
berpakaian bikini. Karenanya tidak ada wanita berbikini keluar dijalanan
kota,
kecuali tentunya tempat berenang seperti pantai misalnya..(occasion.. not
accustomed)
Intinya, berbikini bukanlah hal pakaian biasa tampak dari mereka.
Mereka juga tau malu untuk tidak pake bikini dijalanan kota.
Karena hal itu tidak pada tempatnya.

Malah mungkin budaya orang papua yg lebih "miskin" lagi daripada barat,
karena ternyata buah dada tidak termasuk perhiasan.
Laki2 disana lebih terangsang melihat punggung wanita daripada buah dada.
Mungkin di papua, "hendaklah menutup kain kudung ke punggung mereka"
akan lebih valid drpd ke dada mereka/bra.

Kalau soal jilbab, sudah ada asbabun nuzulnya, yaitu tentang istri2 nabi dan
orang2 mukmin (wanita merdeka) untuk menggunakan jilbab.
Dengan demikian mereka lebih mudah dikenal dan tidak diganggu.
(Tidak dianggap sebagai wanita budak, seperti dugaan dan gangguan yang
dilakukan oleh laki2 yang mengira istri nabi sebagai budak, karena malam
hari
sulit membedakan mana wanita merdeka dan budak).

Jadi itulah fungsi jilbab, membedakan wanita merdeka dan budak.
Dengan kata lain, wanita budak TIDAK BOLEH berjilbab.
Pernah kejadian ada wanita budak yang ketahuan oleh Umar ra?
menggunakan jilbab, ia lalu dimarahi dan dilarang menggunakan jilbabnya.
Karena hanya wanita merdeka yang boleh menggunakan jilbab.
Jadi jilbab adalah status sosial, bukan batasan keimanan seseorang.
Allah tidak memerlukan pakaian untuk membedakan level keimanan seseorang.
Dan tidak ada yg tahu siapa yg lebih beriman daripada yg lain, kecuali Allah
SWT.

Salam.

  _____