Loh bukanya prahara di keluarga Nabi ini juga ada cerita versi hafsah
nya...hanya saja memang yang disosialisasikan tentu dari sisi Nabi
Nabi wong Nabi masih tetep mewakili jenis kelamin laki-laki.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Ari Condrowahono"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> 1. papabonbon kadang heran kalau baca kisah tentang nabi.  kenapa
yah, kok themanya terlalu nabi sendtris sekali.  kok ndak ada tulisan
atau perkamen kuno, yang menjabarkan bagaimana pemikiran atau isihati
hafshah, atau fatimah, atau ibu khadijah.

> wong jaman santo agustinus muda, dan masih belajar di sekolah
filsafat aja, pacarnya jaman sekolah, yg sempat jadi istrinya, bikin
buku.  dari debatan di masa lalu, sampai tulisan argumentatif yang
mengkonter pemikiran filsafatnya augustinus.  bahkan di posisi yang
jauh berbeda.  thema yg sangat nabi sentris, dengan penulis yg
cowokers sentris, sudah cukup menyesakkan nafas.  wajar kalau ada yg
menduga, kalau tuhannya oang islam, adalah muhammad.  weleh, weleh.

> 2. setidaknya kalau ada abu dzar al ghifari sentris, abu darda
sentris, salman al farisi sentris, fatimah sentris, ali sentris,
aisyah sentris, kan asik punya. paling yg kita punya sekarang cuman
nahjul balaghoh nya ali, yg ndak diakui oleh orang sunni sama sekali.
 atau sedikit kisah masa lalu, bahwa abu dzar al ghifari, membawa sisi
kiri islam mendahului jamannya.  urusan nusyuz, rumah tangga nabi,
bisa dilihat dari sisi yang dekat sekali.  kayak buku, pramudya ananta
toer dari dekat sekali, karya koesalah soebagyo toer --> adiknya si
pram.  atau ketika oom sobron beberapa kali, menulis tentang masa
kecil kakaknya d.n aidit, di bangka.