Dear All,

Yang dimaui Pemerintah itu memang usaha-usaha masyarakat yang tidak
tergantung pada Pemerintah. Kalau Pemerintahnya masih banyak ngurusin
soal-soal begitu, habis sudah "waktunya" Pemerintah memikirkan negeri
ini.

Sebenarnya, Pemerintah Daerah itu yang harus "care" pada upaya-upaya
mandiri masyarakat itu, misalnya dengan memberikan "insentif berbentuk
reward atas kinerja masyarakat". Jadi, Pemerintah Daerah mestinya
berupaya mengembangkan program "reward" kepada masyarakat setelah
masyarakat melakukan sesuatu. Mirip-mirip ki Panji Sakti ketika
mengembangkan permainan "goak-goakan" sebagai sebuah langkah motivasi
prajurit sebelum menundukkan Blambangan.

Dalam permainan "goak-goakan" itu, para prajurit berhasil
menangkap si goak, dan sebagai imbalannya, dia boleh minta "apa saja"
sesuai dengan "tingkatannya".

Pemerintah boleh ganti, tetapi jiwa-jiwa masyarakat harus tetap
merdeka. Jangan sampai politisasi sebagai proses ikutan dalam penentuan
pemerintahan, justru menyebabkan "kemerdekaan" masyarakat tercerabut.