Nengah,
dalam kepala anda sendiri sudah ada benih-benih permusuhan itu dengan 
menggunakan istilah penindasan oleh mayoritas terhadap minoritas.
Lalu apakah anda tidak pernah merasa juga ada deskriminasi yang dilakukan oleh 
orang Bali kepada 'pendatang' (nak jawa)? 
 
Anda melegitimasi adanya Front Pembela Hindu. Apa beda-nya anda dengan FPI itu??
Apakah anda memang tau bagaimana duduk perkara-nya (latar belakang) mengapa 
pura tersebut sampai di bakar? apakah tidak ada tindakan arogan orang Bali 
selama bertahun-tahun di Lombok, sehingga memicu orang Lombok bereaksi. 
jangan lihat sepotong-sepotong hanya karena anda merasa pura (tempat suci anda) 
dibakar?
Trus anda bilang keadilan harus ditegakkan. apa yang akan anda lakukan dalam 
rangka menegakkan keadilan tersebut??
Kawan-kawan yang lain, saya minta maaf karena memancing berdiskusi hal seperti 
ini. untuk lebih mengetahui kerangka berpikirnya Bli Nengah Sumerta ini.
Ternyata, Nengah yang biasa nya menggunakan kerangka berpikir penguasa ternyata 
sekarang bisa bicara tentang melawan penindasan, menuntut keadilan. kita akan 
tahu bagaimana cara dia berjuang...sehingga tidak memandang remeh perjuangan 
yang dilakukan orang lain.(Mahasiswa yang turun ke jalan, misalnya)
~Ancak~


----- Original Message ----
From: ngurah beni setiawan <[EMAIL PROTECTED]>
To: [email protected]
Sent: Monday, June 9, 2008 8:45:24 AM
Subject: Re: [baliblogger] Tentang FPI


Front Pembela Hindu??
saya paling anti dengan pemanfaatan agama untuk penggalangan massa...
 
Hentikan itu, agama adalah hal suci...
jangan pernah dijadikan alat politik atau galang massa..
 
lalu apa bedanya kita dengan mereka yang maen bakar dan maen serbu itu?

 
ngurah beni setiawan
P Save a tree...please don't print this e-mail unless you really need to



----- Original Message ----
From: I Nengah Sumerta <nengah.sumerta@ gmail.com>
To: baliblogger@ yahoogroups. com
Sent: Monday, June 9, 2008 7:05:48 AM
Subject: RE: [baliblogger] Tentang FPI


Itu dah bli, nampaknya demo yang dilakukan oleh kawan kita di mataram, bersama 
banyak LSM termasuk JARIK (Jaringan Islam Kampus) hanya berhasil membuat Polda 
NTB menangkap 2 orang tersangka, tapi sesudahnya tidak ada tindak lanjut 
apa-apa….dari rekaman video yang saya lihat di KMHDI di akasia, secara 
terang-terangan Pak Kapolda bilang, “Ini bukan urusan gampang” ……
 
Untuk yang kayak gini saya rasa kita memang perlu suatu wadah untuk menegakkan 
keadilan…karena ini real penindasan kelompok mayoritas atas minoritas…
Tidak ada pihak yang membela kita…PHDI hanya mengeluarkan pernyataan, surat ke 
Polda Bali untuk ber koordinasi dengan Polda NTB juga tidak membuahkan hasil….
Tanpa bermaksud memunculkan isu sara, saya pribadi merasa prihatin dengan 
(hamper) tidak adanya kepedulian dari aparatur Negara yang terkait.
Kalau disaat seperti in I muncul istilah Front pembela Hindu, saya rasa ini 
masuk akal, karena kita memang perlu membela diri (ini factual dan real) karena 
adanya ancaman menunaikan ibadah
 

________________________________

From:baliblogger@ yahoogroups. com [mailto: baliblogger@ yahoogroups. com ] On 
Behalf Of Wawan Diputra
Sent: Friday, June 06, 2008 10:13 AM
To: baliblogger@ yahoogroups. com
Subject: Re: [baliblogger] Tentang FPI
 
btw kenken kelanjutan pura nu di Lombok to bli??
2008/6/5 I Nengah Sumerta <nengah.sumerta@ gmail.com>:
Hua…hua…
 
Bung ancak ini lucu…langsung antipati…hua…hua… .
Padahal saya belum ada ngapa-ngapain…
Jagi gini boss…kemarin dulu dilombok sebuah pura dihancurkan…. dibakar, 
sementara umat di intimidasi….
Who care?? Nobody…..
Mungkin anda dengarpun tidak, atau mengatakan, itu akan diusut tuntas oleh 
kepolisian….
Sedih….
Trus sampai sekarang apa??
 

________________________________

From:baliblogger@ yahoogroups. com [mailto:baliblogger@ yahoogroups. com] On 
Behalf Of ancak ramone
Sent: Wednesday, June 04, 2008 4:26 PM

To: baliblogger@ yahoogroups. com
Subject: Re: [baliblogger] Tentang FPI
 
Emang 'hindu garis keras' anda arahnya kemana?
 
Memangnya siapa yang meninginjak kepala anda sehingga anda harus berteriak 
sebagai 'hindu garis keras'?
 
'keras' atau 'fundamentalis' itu adalah benih-benih untuk menegasikan kelompok 
yang lain. (entah itu dengan golok, kata-kata, atau alat yang lain)
 
jika memang hindu garis keras itu adalah versi individualistik anda..mengapa 
anda jadikan blog yang dapat dibaca orang lain untuk menunjukkan identitas anda?
 
karena apa yang coba kita keluarkan adalah upaya untuk menunjukkan identitas. 
suatu hal yang individualistik (privasi) tidak akan dikeluarkan oleh seseorang 
untuk menunjukkan identitasnya.
 
 
----- Original Message ----
From: I Nengah Sumerta <nengah.sumerta@ gmail.com>
To: baliblogger@ yahoogroups. com
Sent: Wednesday, June 4, 2008 11:00:12 AM
Subject: RE: [baliblogger] Tentang FPI
Bhinneka Tunggal Ika tan hana Dharma Mangruwa….
 
Perbedaan bukanlah untuk diperdebatkan atau dipertentangkan kawan…
Tapi lebih untuk membangun kedewasaan kita berpikir,
 
Keras tidak selalu berarti bawa golok khan??
 
Trus arah kerasnya kemana dulu nich?? Khan gitu!
Agar jangan sampai, ada kaki yang menginjak kepala kita kita tetap terika 
SATWAM!
Itu namanya COWARD!
 
Analogi keras FPI dengan HGK (Hindu Garis Keras) tidak bisa dilakukan….
Hindu Garis Keras versi saya bukanlah sebuah bentuk gerakan yang organisatoris, 
tapi lebih pada pemahaman individualistic…
 
Thank for concerning, dan ketakutanya…
FPI ala Hindu tidak akan pernah ada….
 
Nengah
 

________________________________

From:baliblogger@ yahoogroups. com [mailto: baliblogger@ yahoogroups. com ] On 
Behalf Of ancak ramone
Sent: Tuesday, June 03, 2008 7:50 PM
To: baliblogger@ yahoogroups. com
Subject: Re: [baliblogger] Tentang FPI
 
Kok pada ngomongin FPI yang jauh disana??
kanada benih-benih FPI ala Hindu disini...
 
Nengah Sumerta...dengan blog-nya Hindu Garis Keras...
gimana kira-kira tanggapannya terhadap keberagaman? ?
 
hehehe....
 
ANcak
 
----- Original Message ----
From: Gajah Wibawa <gajahwibawa@ gmail.com>
To: baliblogger@ yahoogroups. com
Sent: Monday, June 2, 2008 4:01:04 PM
Subject: Re: [baliblogger] Tentang FPI
wah kalo gitu orang2 hercules mesti kenalan sama Kade Ompong dulu deh kayaknya..

2008/6/2 antonemus <[EMAIL PROTECTED] com>:
>
> lho, bukannya sudah? kok dibilang akan. setauku sih orang2nya hercules
> memang sudah pd menguasai Kuta. mungkin mas yos atau gentry, sebagai
> tetangga hercules, bisa kasih keterangan. :D
>
>
>
> 2008/6/2 Gajah Wibawa <gajahwibawa@ gmail.com>:
>>
>> jangan salah Hercules juga bentar lagi buka cabang di Bali :)
>> kita tunggu saja.
>>
>> ngga kebayang kalo FPI demo di depan mbargo..
>>
>> On Mon, Jun 2, 2008 at 2:03 PM, Pria Purnama <[EMAIL PROTECTED] web.id>
>> wrote:
>> > Ada apa yah tentang FPI? Kok banyak yg bilang fuck FPI?
>> >
>> > Mahap males browsing/googling, lg suka nanya.
>> >
>> > --
>> > Microsoft: "You've got questions. We've got dancing paperclips" -
>> > animadesign. web.id
>> >
>> >
>
>
>
> --
>
> anton | http://rumahtulisan .com
> 
 
No virus found in this incoming message.
Checked by AVG.
Version: 8.0.100 / Virus Database: 269.24.6/1481 - Release Date: 6/3/2008 7:31 
PM
 
No virus found in this incoming message.
Checked by AVG.
Version: 8.0.100 / Virus Database: 269.24.6/1481 - Release Date: 6/3/2008 7:31 
PM
 
No virus found in this incoming message.
Checked by AVG.
Version: 8.0.100 / Virus Database: 270.0.0/1486 - Release Date: 6/5/2008 6:29 PM

 


      

Kirim email ke