Ibu Elida,

Saran saya, sebaiknya Ibu memijat sendiri bayi Ibu. Ada buku petunjuk pijat
bayi, dijual di Gramedia (Rp. 20,000); pengarangnya DSA terkenal (lupa
namanya; itu lho yg dari RS St. Carolus, dr. Utami Rusli mungkin). Di sana
dianjurkan agar ibu sang bayi (atau orang terdekat spt. ayah, nenek, juga
boleh pengasuhnya) yg melakukan pijat bayi. Selain mendekatkan hubungan
(bonding), juga kita akan lebih mengetahui kondisi dan badan bayi kita.

Pijat itu mudah lho; apalagi sambil ngobrol dan bercanda dg bayi kita. Krn.
saya sendiri memang senang dipijat, saya juga lakukan utk bayi saya (bahkan
sejak usia 20 hari). PErtama-tama saya hanya mengelus saja; tapi kemudian
setelah agak besar, saya mulai memberikan tekanan pada bagian-bagian yg
agak berlemak (betis, paha, pangkal lengan dlsb).

Keponakan saya (beda dua bulan dg bayi saya) juga dipijat, tapi oleh dukun
bayi. Menurut saya, ada perbedaan antara bayi saya (yg saya pijat sendiri)
dg keponakan saya (yg dipijat dukun bayi) tsb. Perkembangan motorik bayi
saya lebih 'advance' dan juga bayi saya lebih aktif dan tidak takut utk
mengeksplorasi lingkungannya. Anak saya juga tdk cepat cape; sedangkan
keponakan saya setiap habis aktivitas (atau sekedar jalan-jalan ke Mall),
harus segera dibalur parem kocok yg telah dicairkan(mungkin krn biasa
diberikan oleh dukun pijat tsb); kalo ngga' dia akan rewel. Saya ingin
membandingkan saja, bhw biarpun sama dipijat, tapi efeknya akan berbeda
apabila dilakukan oleh ibunya dibanding oleh yg profesional (dukun urut).
Sekedar berbagi pengalaman; semoga bisa menjadi bahan pertimbangan. Salam,

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

Original Text
From: "Elida Basaria" <[EMAIL PROTECTED]>, on 9/1/99 8:51 AM:
To: internet["'[EMAIL PROTECTED]'" <[EMAIL PROTECTED]>]

Dear all,

Harap informasinya, dimana dapat saya temui pijat bayi yang bagus yang ada
di Jakarta ?

Terima kasih sebelumnya..

-Mama Arya-

Internet