Terimakasih Pak Chan yang telah mem Fw kan artikle ini . Saya rasa artikel
ini yang paling lengkap dan jelas.
Saya pribadi juga percaya bahwa Prof. Leo Suryadinata di Singapore
berpendapat demikian. Saya hanya ingin share saja , bahwa pada suatu ketika
beberapa
tahun yang lalu datang di LA , seorang anak muda yang bernama Benny  yang
mengaku sebagai murid dari Leo Suryadunata , dia bilang bahwa Leo  Suryadinata
tidak menganggap istilah Cina itu adalah penghinaan. Bahkan anak  muda ini
bersikeras menggunakan istilah Cina, benar2 kepala batu. Lain halnya  dengan
Arief
Budiman ketika bicara dengan kami di LA ,yang menyatakan  kaidahnya kalau kita
memakai istilah Cina , kita tidak akan merasakan  istilah itu bermakna
penghinaan , yang berarti kita akan membuat pihak lawan  tidak berhasil
memprovokasi.
Tapi Arief tidak memaksakan kita agar menggunakan  istilah Cina.
Satu lagi kepala batu yang lain adalah Alm .Shindunata waktu di LA dia  malah
bangga ikut dalam rapat angkatan darat waktu merumuskan pemakain  istilah
Cina , walaupun sudah diprotes keras tetap bebal, malah tidak tahu  malunya di
Jakarta dia bilang bahwa dalam seminar di LA dia memenangkan  argumentasi dia,
padahal dia dicerca banyak orang.
Saya pribadi tidak marah dan dendam kepada mereka, tapi ini hanya untuk
share saja bahwa diantara kita sendiri masih banyak macam ragamnya.

salam,
Dr.Irawan.