From: RM Danardono HADINOTO <[EMAIL PROTECTED]>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, October 30, 2007 5:24:41 PM
Subject: [budaya_tionghua] Re: Istilah Tiongkok dan Cina di Wikipedia Indonesia
==...

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED] .>
wrote:

> Betul, Pak Danar, saya yang masa kecilnya hidup di Solo, tidak pernah
merasa tersinggung saat dipanggil Cino, tapi menjadi sangat marah saat
orba dng sengaja mempopulerkan kata Cina untuk mengganti kata Tionghoa.
Bahasa memang unik, hanya beda satu huruf, kandungan sosialnya sudah
sedemikian jauh.

> Salam,

Begitulah pak. Politisi politisi asal Jawa kala itu, TERMASUK bung
Karno, walau menggunakan istilah "wong Cino" bila memakai bahasa Jawa,
TETAP menggunakan istilah Tionghoa kalau mereka berbicara, berpidato
atau menulis dalam bahasa Indonesia.

Herannya malah politisi asal Tionghoa yang mengawali pemakaian kata
yang menyakitkan ini.

Salam

Danardono