--- SADAR@... wrote :
From: j.gedearka
https://finance.detik.com/energi/d-3900074/ini-alasan-ri-tak-caplok-freeport-saat-kontrak-habis-2021?_ga=2.165066559.1654485037.1520277749-99006399.1520277749

Senin 05 Mar 2018, 22:35 WIB
Ini Alasan RI Tak Caplok Freeport Saat

Kontrak Habis 2021
Ardan Adhi Chandra – detikFinance Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya
Mineral (ESDM) Ignasius Jonan membeberkan alasan pemerintah tidak mencaplok PT
Freeport Indonesia saat kontraknya berakhir di 2021 mendatang. Pertanyaan ini
seringkali ditanyakan kepadanya.

Jonan mengatakan, jika pemerintah Indonesia mencaplok Freeport saat kontraknya
habis di 2021 , maka harus bayar seluruh investasi yang sudah dikeluarkan
Freeport Indonesia.

"Memang pertanyaan ini wajar sih kalau ditanyakan. Jawabannya satu bahwa kalau
misalnya ditunggu 2021 ambil alih harus bayar sekurangnya nilai buku dari semua
investasi Freeport dilakukan di situ," ujar Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta
Pusat, Senin (5/3/2018).

|  Baca juga: Jonan: Divestasi Saham Freeport Selesai April |

"Kedua, Freeport akan tetap upaya arbitrase dan sebagainya. Nanti kalau
penilaiannya, pengambilalihan dan sebagainya juga. Bukan saya bilang tidak
mudah, makan waktu dan harus bayar karena di kontrak karya (KK) gitu," lanjut
Jonan

Dia menambahkan, proses divestasi saham Freeport hingga 51% dilakukan dengan
harga yang sewajar mungkin. Proses divestasi dilakukan dengan mengambil alih
40% participating interest (PI) Rio Tinto dan 9,36% saham Indocopper Investama.

"Ketiga, kita akan beli dengan harga sewajar mungkin sampai saham pemerintah
51%. Mengambil participating interest Rio Tinto 40% dikonversi saham dan
lainnya kepemilikan saham Freeport Mcmoran di PT Indocopper. Arahan Bapak
Presiden kalau bisa April sudah selesai," kata Jonan.

|  Baca juga: Jonan: Freeport Harus Jual 51% Saham ke Pemerintah Sebelum 2021 |

Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono menambahkan, pemerintah
berupaya agar 40% participating interest Rio Tinto di tambang Grasberg
persentasenya tidak berubah setelah dikonversi ke saham. Selanjutnya, ditambah
dengan 9,36% saham Indocopper Investama di Freeport Indonesia.

"Upayanya 40% dikonversi. Diupayakan, harus diupayakan," tutur Bambang.
(ara/hns)

  • Fw: [GELORA... 'Chan CT' sa...@netvigator.com [GELORA45]
    • Re: Fw... jonathango...@yahoo.com [GELORA45]
      • Re... kh djie dji...@gmail.com [GELORA45]