Bung Chan, terima kasih utk. cerita/pengalamanya dgn. bullet train di RRT.
Untungnya, kami pergi dgn. rombongan dimana pemimpin2 nya pasti mengerti
Mandarin, jadi tidak begitu menjadi masalah walaupun kami tidak mengerti
Mandarin atau tulisan kanji. RRT sekarang barangkali nomor 1 dalam pembangunan
infrastrutur di segala bidang. Malahan membangun infratruktur di banyak negara
dgn. harga yg. lebih murah dan dalam jawal/waktu yg. cepat.  Amerika dan Kanada
sudah banyak ketinggalan di banyak bidang. Sekarang baru "perang" utk.
pembangunan "sistem 5G" anata RRT, AS, Korea Selatan dan Jepang. Rupanya,
menurut berita2, RRT akan bisa menjadi pemenang and mengusai bidang komunikasi,
driverless car dll. Maka dari AS menghalangi Huawei utk. berkembang di AS.
Sayangnyn kali ini, flight nya cuma transit di HK sebelum ke Vancouver. Jadi
tidak keluar dari airport di HK. Sebelum ke Xiamen kami akan di Singapore, saya
akan bisa membandingkan kemajuan RRT dgn. Singapore.
Salam,BH Jo
    On Sunday, April 22, 2018, 6:50:31 AM PDT, Chan CT <sa...@netvigator.com>