Iya betul, buku novel terbitan th. 2004 ini memang layak disimak. Meskipun
novel berjenis techno-thriller ini murni fiksi tapi tetap mengambil
data-data ilmiah dari www.*giss*.*nasa*.*gov*, seperti "Global Temperature
vs CO2 1940-1970", "Global Temperature 1880-2003", "US Temperature
1880-2000", juga beberapa citra satelit yg memperlihatkan alirah glasier,
dan banyak grafik yg bersumber dari USHCN (United States Historical
Climatology Network). Dengan gaya tutur berupa percakapan singkat diantara
pelakonnya, membuat novel ini enak dibaca.

Lulus dari SMA (thn 1960) dengan menyandang gelar bintang bola basket ia
meneruskan kuliah di departemen Antropologi (lulus dgn summa cum laude dari
Harvard University, thn 1964), kemudian melanjutkan ke Harvard School of
Medicine. Untuk membiayai kuliahnya inilah Crichton menulis beberapa novel
berjenis Spy Thriller. Tahun 1968 salahsatu novelnya (*A Case of
Need)*memenangkan penghargaan "Mystery Writers of America's Edgar
Allan Poe".

Untuk jasanya yang dianggap ikut mempopulerkan ilmu paleontologi ke
masyarakat awam (salah satunya lewat novel Jurassic Park dan *The Lost World
*), pada tahun 2000 namanya diabadikan sebagai nama jenis dinosaurus yg
diketemukan fosilnya di China selatan: "Crichton's Ankylosaur". Tentang
penghargaan inn Crichton berkata: ""For a person like me, this is much
better than an Academy Award".....

YKA

Kirim email ke