NGO yang akan berbuat baik memang bisa juga salah, namun banyak kejadian
di negri kita bahwa prosedural sangatlah panjang, banyak pintu di
pemerintahan dan "sosial" yang harus dilewati dan seringkali menguras
tenaga dan biaya...dan lebih bua..nyak lagi "melalui jalur informal" alias
bawah tangan. Fenomena ini mungkin bikin gerah sebagian NGO yang akhirnya
sebagian mengambil jalan pintas untuk "action" menyampaikan  langsung
bantuan pada masyarakat yang membutuhkannya! Kalau semuanya "OK"
masyarakat senang, kebutuhan air terpenuhi....namun tidak ada berita yang
greget memuji keberhasilan NGO....! Namun bila ada yang "njeblug" keluar
semburan liar barulah semuanya kaget dan buka mata..NGO yang dikuyo-kuyo
dengan dalih tidak ..lapor segala dsb, maka jadilah head line di berbagai
media..bad news..is good news!

Salam

> Betul sekali pak Yoga... NGO tentu juga bisa salah, baik prosedural maupun
> political, yang penting harus jelas. Klo misalnya ada prosedur yang tidak
> diikuti , tentunya NGOnya telah menyalahi prosedur, meskipun niatnya baik.
> Pejabat yang berwenang harusnya juga ikut bersalah karena tidak bisa
> melakukan pengawasan dengan baik.
>
> Dan tentunya pihak berwenang, mempunyai keterangan dan alasan yang tepat
> sebelum sampai pada kesimpulan untuk menyalahkan NGO tersebut ....
>
> Semoga lumpurnya cepat berhenti, dan semoga tidak terjadi lagi semburan
> [...]

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...