Jadi kalau memang semburan2 liar tsb yg timbulnya "hanya" disekiatr sumur
BP-1, disebabkan murni oleh gempa, kenapa koq nggak terjadinya di tempat2
lain ?

Hal ini sungguh sangat TIDAK masuk akal/nalar kalau semburan2 liar tsb tidak
ada hubungannya dengan kegiatan pemboran sumur BP-1 disitu.  Terus gimana
dengan data / informasi bahwa pipa casingnya tidak dipasang saat terjadinya
UGBO tsb, bukankah saat itu "open-hole"nya sudah panjang
intervalnya, sehingga kalau ada problem drilling, penghandle-annya akan
sangat sulit karena pemboran melewati zona interval Formasi yg lemah/lembek
& bertekanan serta temperature tinggi.

wass,
nyoto