Yang menjadi kendala utama kewirausahawan bidang geologi, umumnya padat
modal, termasuk giant business. Termasuk usaha galian C. Tapi anda tak perlu
sekolah geologi untuk menjadi pengusaha pasir, batugamping, batu split, dan
sejenisnya.

Sementara lulusan geologi baru punya modal apa? Ijazah, IPK dan pengalaman
organisasi?
Beruntung yang punya or-tu berada/ pengusaha sukses tentu bisa pakai
pinjaman tanpa agunan atau bahkan pinjaman tanpa kembali. :-)

Untuk membuka jasa konsultansi, mungkin masih bisa terjangkau, dengan modal
yang relatif kecil. Tetapi memerlukan pengalaman dan jaringan yang luas. Ini
juga kendala yang tak mudah.

Mungkin para usahawan yang benar2 merasakan 'berbisnis geologi', seperti Pak
Miko bisa memberi masukan.

Wassalam,