Cak Andang,
Sekedar menanggapi masalah SW saja.
Aku pikir kita perlu extra hati hati dengan masalah perhitungan SW.
Sdh kita tahu bahwa SW sangat tergantung banyak hal seperti jenis
batuan (klastik vs carbonate) maupun kandungan shalenya (shaley vs
clean) yang jelas jelas akan berpengaruh pada hasil SW yang dihitung.
SW hanyalah perhitungan dan pendekatan semata terhadap saturasi
hidrokabron. SW tinggi belum tentu dia berisi air karena, misalnya,
formasi sangat shaley sehingga resistivity hidrokabron tertekan oleh
kondaktifitas shale. Begitu juga SW yang rendah belum tentu berisi
hidrokabron karena kita berhadapan dengan formasi yang tight.

Aku ingat selalu anda selalu bilang ... look at the rock!!! ... look
at the rock .....!!!! dengan cara pandang ini mestinya perhitungan SW
bisa kita sikapi dengan lebih hati hati.

2012/8/29 Ongkowidjojo SOEKADRIE <ongkowidjojo.soekad...@total.com>:
> Ok suwun, hef a nais wikli miting.
>
> os
>
> Sent from my iPhone

Ketua Umum: Rovicky Dwi Putrohari, rovicky[at]gmail.com
Sekjen: Senoaji, ajiseno[at]ymail.com
For topics not directly related to Geology, users are advised to post the email
to: o...@iagi.or.id