--- In [email protected], "ER [Energy Revolution]" <erianto.rach...@...> wrote: > > Hi, > > Jadi menurut anda (Roy dan Heri) tetap ada dinding pemisah antara fisika dan > metafisika? Atau fisik dan spiritual? > Ga apa2 ini toh diskusi terbuka. > > Saya berkata, > Physics is behind everything in the universe. > > Kalimat di atas bisa diartikan: Di luar universe kita, belum tentu fisika > yang sama berlaku.
hal ini mungkin saja. di luar universe kita, berlaku hukum alam yg berbeda dgn yg kita kenal > > Lalu seluas apakah alam fisija ini? > Dimana batas antara fisika dan metafisika? Fisik dan spiritual? batasannya masih dalam konsep pikiran manusia yg terkotak2 dan stereotip, tapi batasan itu juga sepertinya ga ada kesepakatan mutlak sampai di mana atau spt apa batasan tsb fisik selalu dihubungkan dgn kondisi biologis spiritual selalu dgn perasaan dan kondisi emosi dan psikologis tapi kadang ada pengalaman di mana pengalaman fisik bisa juga adalah pengalaman spiritual. apa yg kita rasakan waktu bercinta dgn pasangan, atau waktu membaca buku yg kita sukai, menonton film, melakukan hobi? di sini batasan itu memudar atau mulai tidak jelas > DS9 adalah contoh yang sangat baik yg diutarakan oleh bung Roy. > The Prophet dianggap "Tuhan" oleh penduduk Bajor. > Tapi dianggap sebagai "wormhole alien" oleh Federation. > Tuhan dianggap sama dengan Alien? Tentunya kalo ini terjadi di sini, pasti > udah terjadi perang agama. > > Contoh di atas menggambarkan bahwa adanya tingkat pemahaman spiritual. > Bajoran cukup puas menganggap The Prophet itu Tuhan. Selesai. > Federation bilang, The Prophet Cuma alien yang bisa bikin wormhole. Itu > doang. Sama seperti Q (bahkan mungkin Q jauh lebih berkuasa dibandng the > Prophet) > Salam, > ER Q itu termasuk mahluk menarik. sepertinya mereka nyaris mahakuasa, karena bisa menciptakan atau menginginkan sesuatu dan bisa mewujudkannya. tapi mereka ga bisa membangkitkan kematian atau menciptakan kembali yg sudah tidak ada. masih inget Q2? dia bahkan memilih kematian kalo ga salah - udah lupa juga sih atau She Q di ST Voy, sbg mahluk nyaris mahakuasa, dia masih punya rasa cemburu pada Janeway intinya: mahluk Q juga digambarkan ST dgn sudut pandang kemanusiaan kita, minimal sebagian thks heri
