Wah, rupanya disana belum dilanda wabah Low Cost Carrier ya ...??? Koq tiket pesawat harganya bisa naik turun seperti itu ....???
akhirnya jadinya berapa tuh harga tiketnya dan tiket dari mana ke mana yg akhirnya diambil? Boleh juga tuh sharingnya .... saya sih belum tentu bisa pergi, tapi mungkin saja ada rejeki saya bisa pergi kan .... Saya mungkin tidak ambil route menjelajah seluruh negeri2 di sana ya tapi beberapa saja yang menarik ... Boleh tahu nggak berapa yg akhirnya dikeluarkan ....? Saya masih ada beberapa tempat yg ingin saya kunjungi tapi suka susah menentukan yg mana yg mau dituju soalnya semuanya menarik sih padahal waktu dan budget sangat terbatas he5x .... . Tapi tempat seperti china/tibet/nepal atau italia/perancis/turki atau new zealand sementara ini jadi prioritas untuk dikunjungi, Kalau amerika selatan belum tahu kapan .... ossy'81 On 6/26/07, joko santoso <[EMAIL PROTECTED]> wrote: > > > > Mas Ossy .. lebih dari setahun saya bolak-balik apel ke situs itu untuk > ngecek harga. Agak pusing juga awalnya lantaran sering berubah dan kelewat > tinggi. Saya juga minta tolong kenalan lama (yang orang biro travel) untuk > terus-menerus memantau perkembangan harga. Yang saya dapat pada akhirnya > memang sedikit lebih murah. Juga agak mengejutkan, harga untuk terbang > antar negara Latinnya berubahnya kayak siang dan malam. Saya pernah shock > diberi tahu harganya hampir separuh tiket ke Latin dari Asia. Karenanya > saya sempat membuat opsi hanya terbang Buenos Aires - Lima, dan baliknya > dengan transportasi darat. Selang sebulan harga bisa turun sampai sekitar > USD250. Conditionnya pun sedikit aneh. Harga itu untuk BA - Lima > (berangkat) dan Santiago - BA (pulang). Kalau saya kembali ke opsi awal, > hanya sekali jalan, selisihnya hanya USD20-30an! > > > > Memang jalan di Latin lebih berat di tiket pesawat ketimbang ongkos > operasional di sana. Dari pengalaman jalan sekitar 41 hari kemarin, > proporsi jatuhnya sekitar 60%-40%. Pos paling mahal dan tak bisa dihindari > adalah untuk ke Machu Picchu (MP) dan terbang di atas Lineas de Nazca. Ke > MP minimal perlu USD125. Itu untuk tiket kereta (USD73), bis ke kaki situs > (USD12), dan tiket masuk sekali masuk (USD40). Lagi-lagi sedikit kejutan, > tiket ke MP untuk orang lokal jatuhnya sekitar 80% yang dibayar orang asing > (di India perbandingannya hampir 1:20). Kereta adalah satu-satunya akses > termurah. Pilihan lain jalan sepanjang camino del Inca (inca trail). Untuk > jalan orang harus ikut paket tour mulai 2 hari sampai 4 hari yang jatuhnya > sekitar USD50 per hari. Tanpa tour orang tak punya akses untuk ke camino > del Inca. Alasan pemerintah Peru adalah untuk mengontrol jumlah > pengunjung. Memang masuk akal karena bukan hanya MP yang warisan dunia, > tapi juga camino del Incanya. > > >
