Mas Ossy dan Pak Santoso, Belum lama ini saya menemukan website komparasi budget flight lintas benua disini www.kayak.com. Jadi pilih saja misalnya hendak ke Eropa dari Singapura maka akan tampil tingkatan harga dari beberapa maskapai penerbangan.
Ini pengalaman aja di tiket online bahwa saya TIDAK TERLALU mempercayai website komparasi harga 100%. Biasanya saya cek ke website resmi maskapai penerbangan yang hampir semuanya sudah menerapkan online. Kelemahannya gini : website komparasi/travel agent seringkali mengambil komisi untuk pembelian tiket itu. Kalau rela sih ngg papa, tapi terkadang beberapa ngambil dengan tidak kira2 misalnya S$100 bahkan diatas itu. Aifares.com.sg saya nilai kurang jujur memuat fare karena tidak menyebutkan biaya komisi/fee. Hingga kadang kaget juga ketika harga tiket di web dan setelah kontak via phone jadi naik. Maaf ini penilaian pribadi saja. Dua kali dikecewakan soalnya. Padahal hanya urusan SIN-JKT. Ehh...malah jadi hikmah karena sejak itu saya menemukan Valuair dan Zuji.com.sg sekitar dua setengah tahun lalu. Zuji mencantumkan fee sebesar S$26 untuk transaksi tiket (e-ticket atau diantar kurir). Saya test dengan memesan via maskapai penerbangan dan memang selisih beda harga tiket exactly the same dengan fee yang disebutkan. Hanya saja Zuji mencantumkan tax dan surcharge sedang maskapai TIDAK AKAN memberi tahu. Zuji sendiri adalah bagian dari Travelocity di Asia dan Australia. Jadi kalau buka zuji.com akan terlihat negara2 yang beroperasi termasuk NZ, Aus, Taiwan, India, Korea dll. Atau sekalian pesan around the world ticket saja? Salam, Ambar > > > > Mas Ossy .. lebih dari setahun saya bolak-balik apel ke situs itu untuk > > ngecek harga. Agak pusing juga awalnya lantaran sering berubah dan kelewat > > tinggi. Saya juga minta tolong kenalan lama (yang orang biro travel) untuk > > terus-menerus memantau perkembangan harga. Yang saya dapat pada akhirnya > > memang sedikit lebih murah. Juga agak mengejutkan, harga untuk terbang > > antar negara Latinnya berubahnya kayak siang dan malam. Saya pernah shock > > diberi tahu harganya hampir separuh tiket ke Latin dari Asia. Karenanya > > saya sempat membuat opsi hanya terbang Buenos Aires - Lima, dan baliknya > > dengan transportasi darat. Selang sebulan harga bisa turun sampai sekitar > > USD250. Conditionnya pun sedikit aneh. Harga itu untuk BA - Lima > > (berangkat) dan Santiago - BA (pulang). Kalau saya kembali ke opsi awal, > > hanya sekali jalan, selisihnya hanya USD20-30an! > > > > > >
