Mas Ossy dan Pak Santoso,

Belum lama ini saya menemukan website komparasi budget flight lintas
benua disini www.kayak.com. Jadi pilih saja misalnya hendak ke Eropa
dari Singapura maka akan tampil tingkatan harga dari beberapa maskapai
penerbangan.

Ini pengalaman aja di tiket online bahwa saya TIDAK TERLALU
mempercayai website komparasi harga 100%. Biasanya saya cek ke website
resmi maskapai penerbangan yang hampir semuanya sudah menerapkan online. 

Kelemahannya gini : website komparasi/travel agent seringkali
mengambil komisi untuk pembelian tiket itu. Kalau rela sih ngg papa,
tapi terkadang beberapa ngambil dengan tidak kira2 misalnya S$100
bahkan diatas itu.

Aifares.com.sg saya nilai kurang jujur memuat fare karena tidak
menyebutkan biaya komisi/fee. Hingga kadang kaget juga ketika harga
tiket di web dan setelah kontak via phone jadi naik. Maaf ini
penilaian pribadi saja. Dua kali dikecewakan soalnya. Padahal hanya
urusan SIN-JKT. Ehh...malah jadi hikmah karena sejak itu saya
menemukan Valuair dan Zuji.com.sg sekitar dua setengah tahun lalu.

Zuji mencantumkan fee sebesar S$26 untuk transaksi tiket (e-ticket
atau diantar kurir). Saya test dengan memesan via maskapai penerbangan
  dan memang selisih beda harga tiket exactly the same dengan fee yang
disebutkan. Hanya saja Zuji mencantumkan tax dan surcharge sedang
maskapai TIDAK AKAN memberi tahu.

Zuji sendiri adalah bagian dari Travelocity di Asia dan Australia.
Jadi kalau buka zuji.com akan terlihat negara2 yang beroperasi
termasuk NZ, Aus, Taiwan, India, Korea dll. 

Atau sekalian pesan around the world ticket saja?

Salam,
Ambar


> >
> > Mas Ossy .. lebih dari setahun saya bolak-balik apel ke situs itu
untuk
> > ngecek harga.  Agak pusing juga awalnya lantaran sering berubah
dan kelewat
> > tinggi.  Saya juga minta tolong kenalan lama (yang orang biro
travel) untuk
> > terus-menerus memantau perkembangan harga.  Yang saya dapat pada
akhirnya
> > memang sedikit lebih murah.  Juga agak mengejutkan, harga untuk
terbang
> > antar negara Latinnya berubahnya kayak siang dan malam.  Saya
pernah shock
> > diberi tahu harganya hampir separuh tiket ke Latin dari Asia. 
Karenanya
> > saya sempat membuat opsi hanya terbang Buenos Aires - Lima, dan
baliknya
> > dengan transportasi darat.  Selang sebulan harga bisa  turun
sampai sekitar
> > USD250.  Conditionnya pun sedikit aneh.  Harga itu untuk BA - Lima
> > (berangkat) dan Santiago - BA (pulang).  Kalau saya kembali ke
opsi awal,
> > hanya sekali jalan, selisihnya hanya USD20-30an!
> >
> >
> >

Kirim email ke