Terima kasih atas informasinya untuk rekan Natalia, Alvian, Ibnu (walau emailnya masuk ke japri saya, tidak di reply all kali ya?). Dari tanggapan yang masuk, tampaknya Batavia rawan untuk delay ya....Berhubung penerbangan CGK-DPS hanya sekali, yaitu di jam 17.35 Wib, perkiraan pesawatnya merupakan connecting. Artinya, bisa jadi sebelum jam segitu itu pesawat terbang dari daerah lain. Risikonya akan kena efek berantai kalau terjadi delay sebelumnya...... Beda kalau penerbangan perdana.....
Pikir-pikir rawan delay juga ya....Kebetulan ada pengalaman rekan IBP juga ngalami delay 2 jam......hhhhmmm....aku putuskan aja untuk batal pilih terbang dengan Batavia. Kebetulan tiket belum di issued.... Memang sich dapat harga promo 340 rb one way...Tapi kalau melihat besarnya risiko delay dan barang bawaan yang cukup banyak, aku pilih yang lebih savety..... Sementara ngelirik ke Lion Air. Tapi untuk keberangkatan 16 Nov tiket promo-nya baru di keluarin awal November nich.... ya wis lah sabar dulu.... Untuk bagasi seperti di keluhkan rekan Natalia.....hhhhmmmm....itulah tipikal sebagian penumpang di Indonesia. Tapi ngga semua lho....Entah siapa yang mulai dulu... Akhirnya yang terjadi dulu-dulu-an naik lah..... Pengalaman ke Manado, berhubung bawa dive gear yang rawan hilang kalau di taruh di bagasi, supaya bisa di taruh di kabin atas, pas saat-nya boarding berusaha di depan agar duluan bisa menuju ke pesawat... Demikian juga waktu pulang dari Manado ke Jakarta, kira-kira sudah waktunya boarding segera mendekat ke pintu gate. Begitu karcis di sobek, segera jalan cepat-cepat ke pesawat untuk rebutan bagasi atas. Apalagi kalau Lion Air tidak mengijinkan taruh bagasi di bawah kursi. Garuda masih boleh. Ternyata cara ini lumayan mujarab....Karenanya melihat kondisi seperti ini, risiko ngga dapat space di kabin bagasi kalau berlama-lama boarding..... ----- Original Message ----- From: natalia wistriany To: Adolf I T Sent: Wednesday, October 17, 2007 11:45 AM Subject: Re: [indobackpacker] Batavia Air Sering Delay kah? hallo. batavia air dan delay. saya dulu pernah CGK-BPN-PALU, delay sekitar 1 jam di CGK. yang lebih menyeramkan, rekan kerja saya. CGK-BPN delay sekitar 2 jam. di balikpapan merka harus ganti pesawat BPN-PALU. pesawat tersebut sudah tanpa penumpang jakarta. akhirnya penumpang2 jakarta harus menunggu pesawat BPN-PALU jadwal keesokan harinya. Manajemen batavia air sangat tidak bertanggung jawab. menyeramkan. waktu itu rekan kerja saya butuh waktu 30 jam menempuh jakarta-palu. Tapi karena flight pa Adolf tanpa connecting flight, yah, tidak usah khawatir. Telat2 dikit lah. mau ngeluh dikit..... saya gak habis pikir dengan penumpang pesawat yang membawa barang banyak sekali ke kabin. bukannya ada peraturan tentang jumlah dan ukuran barang2 hand carried. hehehe. saya pikir hanya di maskapai2 penerbangan agak murah. tapi ternyata di garuda ya sami mawon. biasanya yang masuk terakhir sudah tidak dapat ruang simpan di bagasi kabin. hanya sedikit keluhan. cheers, natalia, jak (currently in Bengalon, Kaltim) [Non-text portions of this message have been removed]
