Syarat mutlak sebelum travelling yang diminta dari ibu setelah doa
adalah obat mencret. Hal sepele mungkin, tapi berkali kali mendatangi
tempat baru, saya selalu menemukan masalah dengan makanan dan perut.
mungkin gara gara 26 tahun hidup di Bandung yang makanannya "ramah"
dengan perut dan lidah saya. Di Lombok, saya dibawa seorang teman untuk
mencicipi makanan khas Lombok, dia bilang sih gakan nemu ditempat lain.
namanya nasi puyuh, herannya saya ga nemu telor puyuh di sana!isinya
cuma nasi, ayam suwir, kacang goreng, sambal dan air putih satu teko.
satu-dua suap ga ada masalah, setelah itu bukan bukan hanya lidah saya
yang kebakar!air mata mulai keluar, ingus meler, keringat bercucuran
bahkan telinga jadi budek!!busyeet pedesnya bukan maen deh!setengah
piring belum habis, 3 gelas air udah ludes. Bahkan 1 jam setelah makan
perut masih anget rasanya dan malemnya buang buang air sampe pantat
pedes!!

Lain cerita dengan di Jogja, niatnya pengen nyobain gudeg asli jogja.
tempatnya sih bagus, rapi bersih dengan display kaca. si mbok nya nanya
mau makan pake apa aja, setelah tunjuk sana sini eeh dia ambil semua
makanan pake tangan kosong gitu aja, comot sana comot sini. Awalnya
berfikir mungkin si mbok nya dah cuci tangan sebelumnya, statement
untuk menjaga selera makan. Parahnya itu tangan si mbok yang habis
comot makanan dipake garuk-garuk rambut!wanjriit!malah dia terima uang
dan kasih kembalian gitu aja, cuma di lap ke celemek lusuhnya...buset!

Perut saya ternyata bukan hanya bermasalah dengan makanan super pedas,
tapi juga makanan bersantan. Awal tahun 2010 saya berkesempatan
mengunjungi Kelantan, Malaysia. Tempatnya si Manohara dulu jadi
princess disana. Negara bagian dari Malaysia yang berbatasan langsung
dengan Thailand ini memiliki budaya dan makanan khas yang berbeda
dengan Melaka atau KL, disini berlimpah pohon kelapa yang menjadi bahan
dasar hampir semua makanan khas Kelantan. Rata rata rasa makanan disana
hambar..manis nggak..pedas juga ngga, mungkin karena pengaruh lidah
Indonesia yang terbiasa dengan makanan kaya bumbu. Parahnya semua
makanan khas yang berkuah memakai santan, saus dari ayam bakar disana
pakai kelapa, bahkan desert nya juga berbahan kelapa!!apa ga bikin
gatel pantat tuh??terlalu banyak mengkonsumsi santan bikin kadar
kolesterol naik dan efek langsung yang terasa adalah
mencret..hufft..bayangin coba!dari sarapan, makan siang, nyemil, makan
malem semua santan dan kelapa!dan setiap saya pesan teh selalu dikasih
teh susu, belakangan saya baru sadar kalau kita pesan tea ice itu teh
susu, tapi kalau mau teh manis itu tea O atau teh kosong.

Pengalaman paling parah dengan perut adalah waktu pertengahan tahun
2004. Ceritanya perjalanan Bandung-Bali pake bus dengan menyinggahi
berbagai kota di Jawa. Penderitaan dimulai saat baru memasuki Sumedang,
perut mulai bergejolak karena telat makan, masuk angin dan komplikasi
dengan maag!yang ada di otak saya saat itu adalah toilet dan berdoa
semoga ini bus sering berhenti di pom bensin deh!entah berapa pom
bensin yang saya singgahi untuk sekedar buang air. Mulai dari toilet
bersih wangi semerbak sampai gelap dan ga ada ventilasi sama
sekali..kasihan sekali yg pakai toilet setelah saya. Dari sekian banyak
toilet yang saya "tandai", nominasi toilet terparah terletak di Lawang
Sewu, Semarang. semua pasti tahu reputasi ke-angkeran dari Lawang
Sewu?!dan sialnya perut lagi lagi ga bisa diajak kompromi. Kagetnya
saya melihat toilet umum yang ada pada saat itu, toilet jongkok yang
begitu mepet dengan tembok dan bak disampingnya sehingga sangat pas
dengan ukuran badan saya yang kurus..tapi itu belum seberapa, itu
toilet umum ngga punya pintu!!!wanjriit!!untunglah
ada teman yg berbaik hati (sedikit terpaksa) menutup lubang yang
seharusnya ada pintu dengan memegangi handuk. Biar ga kepikiran hal
yang serem serem saya ajak ngobrol dia deh, dan kalimat yang paling
sering dia ucapkan, "id, udah belum?!!".

mungkin ada yg punya pengalaman serupa?