On Tue, Oct 14, 2003 at 12:06:32AM +0700, H. D. Lee wrote:

> Tidak setiap hal yang dirancang bermanfaat. Banyak RFC yang obsolete,
> bahkan TCP/IP dirancang tidak dengan security in mind.  Mungkin bagi
> Anda ini bermanfaat, tapi saya memilih tidak memakainya.

kalau ini sudah keluar dari konteks. keberatan orang menggunakan
secondary mail server adalah pada kompleksitas dari setup
tidak sebanding dengan hasil yang didapat.

sebenarnya masih ada kasus-kasus tertentu yang masih membutuhkan
secondary mailserver. seperti kasus yahoo yang down beberapa tahun
yang lalu. karena tidak memiliki secondary MX, begitu up mesin-mesin
mail yahoo dibombardir oleh MTA dari seluruh dunia, jadi langsung
down :-) dengan secondary mailserver, kita jadi lebih bisa mengontrol
concurrency ke primary mailserver.

Salam,

P.Y. Adi Prasaja