On Tue, Oct 14, 2003 at 11:30:50AM +0700, Reza Iskandar Achmad wrote:
> Entah anda belum baca alasan Mr. Dan atau belum, atau anda memang
> 'keukeuh' pakai inetd, karena 'gengsi' pake 'tcpserver'.
> Bukan qmail nya yang menyebabkan memory exhaust seperti yang dituduhkan
> Dr. Venema pada Juni 1997, tapi inetd nya lah yang menyebabkan hal itu.
> Gunakan tcpserver kalo gak mau memory nya exhaust, ini solusi termudah.

wah .. anda nampaknya ndak membaca sendiri tulisan matthias :-)
ndak ada tuh ditulis soal inetd he..he..

> [Dave Sill]
> Kenyataannya ? instalasi menggunakan LWQ style, memperkerjakan softlimit
> bisa tuh menghindarkan dari permasalahan memory yang 'aus' ?
> Pernah coba kan ?

ini justru di-rujuk oleh Matthias. mestinya dengan ini anda
bisa koreksi diri sendiri. bahwa sebenarnya matthias tidak
menjalankan misi nge-flame/menjelek-jelekan qmail.

silakan baca tulisan matthias lengkap, sebelum baca arsip qmail.

> Saya belum pernah ketemu web page Venema yang jelek2in produk lain.
> Venema pada Juni, 1997, rame di milis qmail soal memory aus ini.
> Silahkan obrak-abrik milis tsb.

bedakan antara 'menjelek-jelekan' dengan kritik yang logis.
baca dan dengar dulu pendapat orang baik-baik, baru mengambil
kesimpulan. setelah anda memiliki kesimpulan sendiri, baru
bandingkan dengan kesimpulan orang lain.

> Mathias bilang kenapa sih qmail pake acara nge-delay bounce msg ? alah,...
> Bukankah ini celah untuk para spammer, mereka akan punya kesempatan
> melakukan validasi email address ? wah masuk nih gak bounce, kirim lagiiiii

validasi recipient mutlak diperlukan. gini saja. anda pernah
dengar domain astaga.com? saya bisa mengarahkan mx-nya ke mesin
anda. setelah itu, baru anda bisa melakukan restrukturisasi
terhadap argumen anda di atas. seperti yang saya bilang, mta
di design tidak untuk menjawab semua masalah.

> postfix zealots !
> mana bukti anda kalo posftix menang dua-dua nya ?

sudah jelas. saya bisa menunjukkan hasil benchmark
kurang lebih 5 menit. tapi kalau saya yang mengerjakan,
nanti dikira cheating. anda bisa membuktikannya sendiri.
seperti yang saya bilang, anda bisa pakai postal/smtp-source.
matthias sendiri punya benchmark soal ini. dan anda pun
pasti tidak tertarik.

stay calm and cool :-)

Salam,

P.Y. Adi Prasaja