On 20/09/16 19:11, Benny Kurniawan Candra wrote:
> Masalahnya OC tidak bisa diinstall di Thunderbird sehingga untuk export
> contact tidak bisa

Thunderbird pakai CardDAV untuk contact synchronization bukan pakai
Outlook connector yang memang khusus untuk outlook.
CardDAV (dan CalDAV, untuk calendar synchronization) sudah built in di
MD 16.0 keatas, dan cara pengaktifannya bisa lihat di arsip

http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg38777.html
http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg38779.html
http://www.mail-archive.com/mdaemon-l@dutaint.com/msg38780.html

Thunderbird juga support XMPP chat yang di MDaemon 16.5 sudah built in.
XMPP chat ini adalah penerus dari ComAgent chat.

> Ini terjadi di semua OC yang diinstall di MS outlook, jadi masalahnya apakah
> ini benar karena character set atau MD yang digunakan sekarang ada bug.
> Tapi untuk email huruf JP kok tidak masalah pak.

Outlooknya pakai versi berapa, OC pakai versi berapa, MDaemon pakai
versi berapa?
OC pakai japanese atau english edition?

> Jadi solusi apakah tidak ada lagi pak.

Solusi yang benar adalah bukan pakai cara import/export contact, karena
itu adalah temporary solution dimana nantinya akan perlu dilakukan lagi
dikemudian hari.

Tetapi kalau Anda memaksa pakai cara export/import melalui CSV file bisa
pakai trick berikut

https://www.itg.ias.edu/content/how-import-csv-file-uses-utf-8-character-encoding-0

atau

http://stackoverflow.com/questions/4221176/excel-to-csv-with-utf8-encoding

Solusi yang benar, menurut saya, perbaiki contact di outlook agar bisa
pakai UTF-8 bukan character set lain agar automatic sync berjalan benar.

Untuk mail sih mudah

http://smallbusiness.chron.com/setting-outlook-use-utf8-32242.html

https://technet.microsoft.com/en-us/library/cc179149(v=office.12).aspx

untuk contact dan calendar saya belum ketemu cara settingnya saat ini.
Nanti saya cari lagi.

MDaemon-L Moderators, MDaemon 16.5-64, SP 5.0.1-64

Pendidikan yg sebetulnya adalah menarik yg terbaik dari diri Anda sendiri
        -- Mohandas Gandhi