Assalamualaikum.Wr.Wb.

Sudah lama saya ingin mengomentari tentang penulisan "
bismillah " ,  ini namun baru sekarang tertulis.

Sepanjang pengamatan saya mengenai bacaan, ataupun
penulisan Bismillaahirrahmaanirrahiim. ( dalam ilmu
tajwid ".

Sebagaimana yang saya tuliskan diatas, atau
sebagaimana yang dituliskan oleh ustadz : H.M N A. (
Nur Abdurrahman. karena beliau memberi tanda panjang,
pada kata mad ( panjang ).

Boleh kita tulis " Bismillahirrahmanirahim " .( tetapi
dalam kata " a ", " pada allah, dan arrahman " ( Ada
tanda pajangnya ), dan  " i ", pada kata " Arrahim " (
berarti ( ya,.tanda panjang juga ).

Kalau kita baca " Bismillah " ( ini berarti dengan
nama Allah, kita berhenti ),

 sementara dalam kata " Allah pada bismillahi, ada
baris kasrahnya,

karena baris fathah, atau kasrah, atau dhammah, bila
bertemu dengan alif dan lam, maka baris tersebut
dibaca, bukan di sukunkan ( matikan ), kalau kita baca
Bismillah, itu berarti kita mematikan atau mensukunkan
huruf " Ha ", pada kata Bismillah.

 Dalam ilmu tajuid yang benar adalah dibaca, kecuali
memang kalau kita ingin berhenti. " Dengan nama Allah
saja ".

Dalam ilmu tajuid pada kata " Bismillah.. ", diatas,
tidak ada tanda " wakaf " ( atau berhenti ), maka
kenapa kita harus memberhentikannya dengan mensukunkan
hurufnya ?.

Dalam bacaan Al Quran tanda wakaf ini cukup penting
diperhatikan, sebagaimana kita harus memperhatikan
mad, ( tanda panjang ), makhraj huruf ( tempat keluar
huruf ), " baris kata, terutama akhir kata ", agar
arti atau makna yang dikandung dalam Al Quran benar
adanya.

Coba saja kalau kita terbalik membaca kata : " Innamaa
yahksyallaahA min ibaadihil ulamaaU ".

Kita baca : " Innamaa yakhsyallahU min ibaadihil
UlmaaA ".

Artinya berbanding terbalik, seharusnya : " Yang takut
pada Allah daro pada hambaNya adalah ulama, Kita
artikan dengan Allah takut pada ulama, karena
kesalahan baca baris diatas, bisa gawat bukan, kalau
kita artikan Allah yang takut pada ulama.?

Tolong diperhatikan setiap tanda baca, tajuid, wakaf
dan sebagainya itu.

Ini saja dulu, berhubung sepi dan saya juga akan
berangkat ke kedutaan karena ada pertemuan bulanan
ibu2.

Wassalam. Rahima.

--- Syaifuddin Ma'rifatullah <[EMAIL PROTECTED]>

The all-new My Yahoo! - Get yours free!
http://my.yahoo.com