samimawon sama sistim sekarang donk....sekarang kan Kodam Trikora juga
membawahi Irja dan Maluku...seperti Kodam Udayana yang memabawahi Bali,
Nusa tenggara dan Tim-tim.
saya tanya nih bung effron, menurut anda bagaimana peran dan posisi
Angkatan Darat yang effektif?

kalau marinir digedeiin, kita udah sama aja dengan Amerika, dimana
US Marine Corps nya juga dikepalai oleh jendral bintang 4 yang bertitle
Commandant namun masih tetap melapor ke KASAL US Navy.
(hati-hati, entar marinir kita bisa gede kepala lagi...entar penyakitan
sama seperti RPKAD/KOSTRAD nih....)
Bahaya lho membesarkan satu kekuatan diatas kekuatan yang lainnya....
sebentar muncul lagi pangkostrad, danjen atau pangkonir yang baru....

saya kadang suka malu nih..nulis-nulis seperti ini padahal masih
ingusan...eh udah mau debat sama para orang tua yang sudah graduate atau
bahkan mungkin dengan jendral berbintang sepuluh :)

Kita ngomong sampai capek gini, apakah akan didengar atau sedikitnya
dilirik sama Pak Wiranto ngga ya? namun saya tetap yakin Beliau itu juga
sedang  berusaha membenahi ABRI secara keseluruhan...semoga...tanpa
berusaha melindungi tradisi-tradisi yang selama ini telah menjelekkan
citra ABRI.

andrew pattiwael

Kirim email ke