Mas Moko tulis:

>     At 11:59 AM 5/11/1999, FNU Brawijaya wrote:
>
>     |Lha KAMU belum jadi tauke lagunya sudah kayak
>     |Donald Trump. Bisa bayar 3-20 juta mestinya kan
>     |bisa bayarin tiket buat keluarga untuk keluar dari
>     |Indonesia. Tauke kayak KAMU ini yang biasanya
>     |jadi sasaran pertama tiap ada kerusuhan.
>
> Siapapun yang sedikit rasional dan mngerti situasi rasial di
> Indonesia mengerti apa maksud kalimat diatas, siapa yang dituju.
>
> The above phrase DOES send a clear message ... and the word is no
> longer neutral! It is a racist's remark.

he..he..koq saya jadi binun sekarang...

kalo "tauke" dikutipan diatas ditujukan ke orang cina, mungkin aja "it is a
racist's remark".
tapi "tauke" dikutipan diatas khan ditujukan ke orang batak (Patrick
Simanjuntak), apa ini juga masuk dalem kategori "a racist's remark"?

Tapi dari awal juga saya nangkepnya maksudnya Mas Jaya tuh si Patrick wong
belon jadi boss koq lagunya dah kayak Donald Trump.

"Tauke kayak KAMU" tuh khan maksudnya "orang-orang kaya kayak KAMU".
"Orang-orang kaya kayak KAMU" tuh khan maksudnya orang-orang kaya yang kerna
banyak duit terus cabut dari Indonesia. Orang-orang kaya yang seperti ini
khan tidak otomatis harus orang cina. Jadi "racist's remark"nya dimana?

Terus abis gitu, yang dikatain sama Mas Jaya khan orang batak, kalopun yang
dikatain orang cina, koq yang pusing Andrew? Andrew khan neither batak nor
cina. Emang di AKABRI diajarin supaya suka ngatur-ngatur orang laen,
mangkanya ABRI sukanya ngatur orang laen. Saya baru tau kalo ternyata di
Norwich juga diajarin yang sama dengan di AKABRI.

Salam,

Vincent Sitindjak
Norman, OK

Kirim email ke