Dear teman-teman PPI,

Melihat posting milis PPI cukup aktif dan melihat analisa serta respons
teman-teman terhadap masalah-masalah politik ekonomi Indonesia,  saya jadi
terpikir ada bagusnya apabila pemikiran-pemikiran seperti ini dapat
disebarluaskan ke masyarakat Indonesia di Belgia dalam skala yang lebih
luas. Opini yang tajam dari Sulis, Utong, Dendi, Setio, Anis, Bagus, Pak
Abas, dan teman-teman yang lain saya pikir bisa menjadi masukan bagus untuk
Indonesia.

Kita bisa membuat sebuah diskusi dari kita untuk kita yang dihadiri oleh PPI
Belgia dan masyarakat Indonesia di Belgia yang tertarik memahami lebih jauh
mengenai kondisi/peta politik ekonomi Indonesia. Saya rasa warga kita cukup
tertarik dengan topic-topik semacam ini dan PPI juga bisa menggunakan media
ini menjadi semacam awareness-raising terhadap PPI Belgia dan
kegiatan-kegiatannya.

Topiknya bisa macam-macam, tergantung dari konsensus teman-teman. Topik
dapat meliputi gambaran/situasi umum politik Indonesia, Indonesia yang lebih
baik, kebijakan luar negeri, ekonomi politik, demokratisasi, ataupun ide-ide
segar untuk Indonesia yang utopis..hehehe.. Sebagai output, PPI bisa membuat
semacam pernyataan sikap ataupun rekomendasi kebijakan/analisis yang kiranya
dapat bermanfaat bagi pemimpin Indonesia masa depan.

Mungkin perlu juga adanya panelis sekitar 2-3 orang dengan satu moderator.
Tapi gunanya panelis bukan untuk ditanya seperti mau sidang S3, namun lebih
untuk melemparkan ide-ide yang provokatif dan topik-topik hangat untuk
dibicarakan.

Acara kira-kira dapat diselenggarakan akhir juni, tempat dan waktunya
dibicarakan kemudian. Jika berkenan, saya akan tanya bagaimana kedutaan bisa
mendukung acara tersebut. Saya tunggu masukan teman-teman.

Bayu.

Kirim email ke