Dear temans,

Seperti yang dijanjikan sebelumnya, ini konsep proposal yang saya tawarkan:

Tambahan: Saya telah minta bantuan P. Sigit untuk sampaikan ke pimpinan
KBRI. Pak Dubes tampaknya cukup antusias kepada acara kita. Kabarnya selama
ini belum pernah ada acara bersama antara PPI dan KBRI (Betul ya pak Abas?)
jadi KBRI akan mendukung. Saya pikir cukup tepat kiranya kalau Pak Dubes
membuka acara ini dan memberikan semacam pembukaan singkat.

Proposal dibawah ini tidak kaku, jadi silahkan dirubah2. Ini hanya gambaran
besar yang kita akan lakukan. Mohon bantuan teman2 untuk mereview proposal
ini dan melengkapi/mengurangi hal2 yang belum dimasukkan. Jika disetujui,
akan kita bentuk semacam panitia kecil untuk persiapan teknis acara ini.

Ditunggu pendapatnya.

Tema

Mengkaji arah kebijakan politik dan ekonomi Indonesia dan menggali/menggarap
potensinya demi Indonesia yang lebih baik.

Judul

(usulan 1) ARAH DEMOKRASI INDONESIA

(usulan 2) MASA DEPAN DEMOKRASI  INDONESIA

(usulan 3) .................

(usulan 4) ...............

Latar Belakang

Sudah saatnya PPI Belgia sebagai sebuah entitas akademis Indonesia di Belgia
dengan berbagai latar belakang ilmu dan disiplin serta multiperspektif
memberikan pemikirannya mengenai arah dan kebijakan politik dan ekonomi
Indonesia kepada negara sebagai bentuk sumbangsihnya terhadap bangsa. PPI
Belgia sebagai entitas yang independen menyampaikan pemikiran yang kritis,
cerdas dan membangun terhadap perkembangan politik dan ekonomi Indonesia.
Dengan demikian, pandangan dan rekomendasi/sikap PPI Belgia akan dilihat
sebagai masukan bernilai bagi para pemimpin Indonesia dan meningkatkan
kepahaman kondisi kebijakan politik dan ekonomi Indonesia pada masyarakat
Indonesia di Belgia.

Tujuan

..         memberikan kepahaman kepada masyarakat Indonesia di Belgia
mengenai kondisi politik ekonomi Indonesia secara umum

..         menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah dengan kritik
yang membangun

..         membangun awareness-raising terhadap terhadap PPI dan
kegiatan-kegiatannya, supaya PPI lebih dikenal masyarakat dan
kegiatan-kegiatannya didukung dan mendapatkan partisipasi positif masyarakat
Indonesia di Belgia

Format Diskusi

Diskusi akan berupa class-room format dengan dua-tiga panelis dan satu
moderator yang terdiri dari dua sesi. Sesi pertama membicarakan arah dan
kebijakan politik dan ekonomi Indonesia saat ini dengan segala keberhasilan
maupun kekurangannya serta bagaimana menggarap kebijakan politik dan ekonomi
yang lebih baik. Sesi kedua membicarakan kandidat calon pemimpin tertinggi
bangsa dan bagaimana menurut PPI Belgia dilihat dari kondisi dalam negeri,
persepsi asing mengenai Indonesia, kondisi ekonomi dunia.

Panelis

Panelis dan Moderator dapat terdiri dari kalangan PPI, paling tidak dua
panelis pertama terdiri dari elemen PPI, dan 1 orang dari masyarakat umum
dan 1 moderator dari masyarakat umum/KBRI.

Sesi I - Panelis I          : PPI

            Panelis II          : PPI

            Panelis III        : Masyarakat/Wartawan/KBRI

            Moderator        : Masyarakat/KBRI

            Sesi Q & A

Rehat Makan Siang

Sesi II - Panelis I         :PPI

             Panelis II         :Masyarakat/KBRI

             Moderator       : Masyarakat/KBRI

             Sesi Q & A

Peserta Diskusi/Undangan

Peserta diskusi adalah masyarakat Indonesia di Belgia. Catatan: mengingat
begitu beragamnya kepahaman politik dan ekonomi masyarakat Indonesia di
Belgia, maka pemaparan para panelis seyogyanya bersifat umum walaupun tidak
meninggalkan elemen akademis tetapi tetap mudah dicerna masyarakat awam.

Tempat/Waktu Kegiatan

Tempat dapat dilakukan di KBRI Brussel, Leuven, Gent atau Antwerpen.

Sebagai pertimbangan: berdasarkan statistik, jumlah masyarakat Indonesia
terbanyak di Belgia adalah di Antwerpen, sedangkan jumlah pelajar/mahasiswa
Indonesia terbanyak adalah di Gent dan Leuven.

Total Waktu Kegiatan : maksimum 4 jam

Kegiatan dilakukan pada akhir minggu ketiga bulan Juni 2009.

Proposal Tanggal kegiatan: 21 Juni 2009.

Kegiatan dapat dilakukan misalnya dari jam 10 s.d jam 14.00 atau mulai jam
14.00 s.d jam 18.00

Anggaran

KBRI akan membantu pembiayaan konsumsi dan sewa tempat sebesar 50-60% dari
total biaya.

Sisanya diharapkan dapat diupayakan untuk diusahakan secara mandiri.
Penyelenggaraan acara seperti persiapan logistik, booking tempat, penyebaran
undangan diusahakan secara mandiri. Untuk itu diperlukan semacam susunan
petugas yang harus direncanakan dengan baik.

Bayu.