--- In [EMAIL PROTECTED], "Z Chaniago" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Assalamu'alaikum WW
waalaikumsalam pak.....

poligami adalah sunnah yang amat "berat".....
selain dibutuhkan keadilan, juga dibutuhkan keikhlasan tingkat
tinggi....ini bukan masalah emergensi atau tidak...ini adalah
sunnah....walaupun tidak menjadi keharuskan bagi kita untuk
menjalankannya....

nabi qta yang mulia berpoligami adalah untuk memperluas dakwah beliau.
suami saya inginnya seperti itu.....bukan berpoligami lantaran
kasihan pada janda atau anak yatim saja.....mereka bisa kita beri
beasiswa atau apalah tanpa harus menjadi bagian keluarga kita....

alasan lain baiknya berpoligami menurut saya, bila seorang istri
tidak mampu "melayani" suaminya.....dari pada "jajan" di luar
alangkah lebih baik jika suami itu nikah lagi....atau bercerai (bole
kan dalam agama?)

karena "jajan di luar" adalah dosa besar!!!
jangankan melakukannya, mendekati saja sudah dilarang!!!
dan saya amat jijik dengan seorang suami yang berkhianat pada
istrinya, menghianati janjinya pada Allah....
poligami bukan sebuah penghianatan.....tapi solusi (jika diperlukan)

makannya karena tidak ada alasan yang menyebabkan suami saya
berpoligami, dia belum mau berpoligami.....

peluang suami saya berpoligami sangat kecil. Tidak ada alasan yang
mengharuskannya beliau berpoligami untuk saat ini.....

jika keluarga kami romantisnya minta ampun, trus saya mampu
memberikan yang terbaik yang ia inginkan, dan saya adalah perempuan
yang selama ini ia "cari" kenapa harus berpoligami?(itu kata suami
saya lo) ya Allah mudah-mudahan ini tak pernah berakhir.....

karena saya tahu suami seperti itu pada saya, makanya kalo ada yang
tanya, saya mah lempeng aja ngejawabnya.....:))

menjawab pertanyaan pak caniago, (gelar kan maksudnya yah?, maaf kalo
salah) karena suami saya bukan orang minang, jadi ndak ado "bagala-
gala an doh.....

saya sangat setuju lo dengan poligami, walaupun mudharatnya jg ada
(terjadi pada orang yang nafsu dan lemah iman yang menjadi penyebab
ia berpoligami).....

sebenarnya saya juga berempati dengan gadis2 yang sudah sangat banyak
umurnya....tapi kata Allah "kalian tidak akan sanggup berlaku adil"

hanya orang-orang yang tinggi iman dan pemahaman agamnya saja yang
menurut saya mampu melakukannaya....

sedangkan saya dan suami, iman kami masih lemah........ilmu kamipun
masih fakir.......

walahualam
yesi

> [...]
itu
> masuak dalam katagori emergency choise.
>
> alasan " mampabaharui gala " iko adolah salah satu adat kebiasaan
di
> Minangkabau (zaman sebelum zaman ini ) bagi seorang Pangulu/Datuak
untuak
> beristri muda oleh kaum kerabat-nya untuak meningkatkat martabat
kaum.

> " mampabaharui gala " iko talinteh di pikiran ambo sasudah mambaco
untuak
> ke-sekian kali buku " Merah Putih yang Terkoyak " karya Alm Carl
Chairul ,
> ayahanda dari Da DIno...., Da DIno w r u ?
> dan supayo 'nyambung' jo misi RN..hehehehehe
>
> Wassalam
>
> Z Chaniago - Palai Rinuak -http://photos.yahoo.com/bada_masiak/

> Alam Takambang Jadi Guru

Qur'annya .......