Assalamualaikum Wr.Wb.
--------------------
Rahim Rahima menulis:
Saudara Indra Piliang:
Apa yang harus kita lakukan sekarang..?
-----deleted---------
Mulailah perombakan itu dari diri kita
sendiri,..keluarga kita,...hindari Korupsi,Perkuat
pertahanan sikap keagamaanmu,Kamu wahai para
istri,janganlah banyak menuntut lagi pada suamimu itu
! "Agama" yang kuatkarena tanpa itu kita akan
pincang.Tanpa Iman yang teguh,rasa kebersamaan yang
tinggi,rasa persaudaraan,serta merasakan penderitaan
orang lain,serta masih banyak....lagi yang harus
dibenahi.Yang jelas mulai dari diri sendiri,bekerjalah
dgn baik,sesuai dgn tugas masing-masing.
Demikian dulu dari saya(Cairo 28-03-02,Rahimarahim)
Pendapat saya:
Semua sudah tahu bahwa merubah diri sendiri itu yang paling
sulit dilakukan manusia, semua "agama" selalu menganjurkan
manusia untuk merubah diri. Tapi secara sistemik masyarakat,
non sense mengharapkan orang akan merubah diri, jadi
harus ada sistem hukum yang pas untuk itu. Katanya ada
syariah Islam, sayangnya nggak proven dalam sejarah
zaman sekarang ini.
Dari Angku Nofendri menulis:
Hampir 99,99% yang mengaku ummat Islam tidak mengerti syariah Islam
Tgl Kirim 12/11/2001 11:19:45 AM dari Suripto Achmad Tohir
Komentar untuk topik: Syariat Islam, Mengapa Ditakuti?
-----------------------------
Maaf kalau boleh dikatakan hampir 99,99% secara extreem termasuk para
ulamanya yang mengaku umat Islam diseluruh dunia hampir tidak faham
betul tentang syariat Islam.
Kalau mereka faham betul tentang syariat Islam pasti tidak akan
mempertentangkan atau mempermasalahkannya, sebab mereka tahu bahwa
syariat Islam itu datang dari Sang Maha Pencipta yang tentunya dengan
segala perhitunganNYa sangat sangat cocok kalau diterapkan kepada
hamba hamba ciptaanNya.
Tetapi karena interest manusia yang sangat berlebihan sehingga mereka
mengira dengan membuat aturan aturan mereka sendiri mereka akan
berhasil, tetapi apa kenyataannya ?
Hampir hampir 99,99% yang mengaku yang mengaku umat Islam diseluruh
dunia bermental korup, miskin dan bodoh.
Pendapat saya:
Artinya Islam itu gagal mencerdaskan ummatnya, fakta, sebagai
muslim tidak perlu malu mengakui, agama lain, sama saja.
--- Indra Piliang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Pengamatan Prof. Rotberg ini menakutkan kita,
> mestinya. Indonesia termasuk dari sekitar 42 negara
> yang menuju negara yang "gagal". Indikator negara
> yang gagal yang disebutkan Rotberg (....cenderung
> menghadapi konflik yang berkelanjutan, tidak aman,
> kekerasan komunal maupun kekerasan negara sangat
> tinggi, permusuhan karena etnik, agama, ataupun
> bahasa, teror, jalan-jalan atau infrastruktur fisik
> lainnya dibiarkan rusak) sudah banyak tampak di
> Indonesia. Bahkan lebih banyak yang belum
> disebutkan, seperti separatisme, institusionalisasi
> [...]
Urpas menulis:
NKRI negara "gagal"?
bukan NKRI adalah negara gagal! (tidak perlu pakai tanda
kutip); saya sudah sering bilang; memang harus nunggu
profesor dulu yang bicara baru rakyat banyak dan para
"pengamat" terbuka incat matanya; solusinya?
seperti yang saya sudah sering bilang juga,
bubarkan secara baik-baik, jangan meniru yugoslavia,
kita bikin lebih baik dari bubarnya USSR atau Cekoslowakia;
singkatnya begitu.
=urpas=
Pendapat saya:
Awal kegagalan itu karena membuat negara yang berdasarkan
"ketuhanan yang maha esa", Tuhan yang disuruh mengurus
negara. Harusnya memulai dari manusia untuk manusia dalam
rangka pengabdian kepada Tuhan.

Ferry Permata menulis:

Batua, di nagari Minang Darussalam (kok iko lai
katuju), dengan tetap bersatu jo RI.
mengenai PRRI ambo indak jaleh doh,
kok model-modelnyo yo kiro-kiro model SI di Aceh.
Syariah nan a ka ditagakkan yaitu syariah kabanaran,
wahab maa, yo wahab kabanaran, baa syariah jo wahab
nan "kabanaran" ko(kok paralu disabuik Syariah
Minang), ndak mamacik salah ciek dari nan ado.
Syariah ko bapangka ka Al quran jo hadist.
Manganai aturan main hukum nan ka diberlakukan itu
sebatas kemampuan, ndak musti nan salah tu sadonyo
ditabeh sekaligus, ciek-ciek, tapi konsisten.
nan ma alun bisa ditabeh, let it be.
Misal di Minang berlaku SI, mungkin Perjudian,
korupsi, prostitusi masih ado, dst dst.
kiniko nan penting SI di Minang.

Baa mako ambo bakareh ka SI,
1. Islam ko punyo pedoman nan lah jaleh-jaleh kok
bapegang dijamin salamik, yaitu alquran jo hadist.
artinyo dilua tu ndak ado jaminan bakal salamik,
manga pulo ndak diambiak nan jaleh-jaleh salamaik ?.
2. Alquran ko umpamo panjaniah aia, jiko dimasukkan ka
aia karuah kok dihanokkan nyo hanok, aia tatap karuah,
kok dibuka-buka aia makin lamo makin janiah.

Umpamo Minang manerapkan SI,
kok paralu indak usah langsuang diterapkan hukum SI,
di hanokkan sajo.
mungkin anak cucu nan ka manerapkannyo, nan penting
pedoman untuak awak jo anak cucu alah awak salasaikan,
lah tabaia juo ciek utang, kok ndak kini bilo lei.

3. Selagi dia islam, berlaku terhadapnya peraturan
Islam. Hukum islam itu wajib dan memaksa untuk
diterapkan, diluar itu disebut, fasik, munafiq, dsb.
Penerapannya bisa per orang bisa perkelompok, per
orangan yaitu melaksanakan perintah dan larangannNya.
perkelompok, yaitu dengan memberikan aturan yang akan
diterapkan kepada kelompok tersebut.
perkelompok lebih efektif, karena akan terlihat pola
dan kekuatan disitu.

4. Sabananyo Minang alah menerapkan SI,
"Adaik basandi syarak, syarak basandi kitabullah".
salamoko ambo raso ndak ado masalah, nan Positif
banyak, nan negatif tetap ado, umpamo: prostitusi,
judi, korupsi masih meraja lela, karena memang kito
alun mampu menerapkan SI di Minang terhadap yang di
atas, let it be.
Jadi apo nan dicamehkan dari SI, SI ko indak labiah
dari penyegaran.

SI ko yo ndak samo jo paruik, doh. antah kok ka tajua
lo akidah dek Indomie, mungkin masalah paruik paralu
didaulukan. Kopi ciek lei,
Pandapek ambo:
Syarak mangato,
adat mamakai.

Angku Ferry, kok buliah ambo usulkan, jan dibiasokan
malupokan sejarah. Banyak urang Islam nan baitu
disitu pulo pangka dari kegagalan karano sejarah
tu hukum alam atau sunatullah.

Baa kaba ajo Indra, lai kabataruihkan kaji ko, lah
tasemba pulo paratian angku dek urang Betawi nan
malapia induak-induak jo anak-anak miskin.

Salam,

SBN