2012/8/23 AnwarDjambak <alhaqirwalfa...@yahoo.com>:

> Jadi kalaulah jo Ulama se kaliber : Imam Hadist Al Baihaqi sajo indak picayo
> baitu juo jo Imam Al ghazali yo ndak dapek ambo maagiah alasan lai.
>
> Nampaknyo sanak labiah picayo jo Ulama akhia zaman (sakaliber Al Bani)

Pak Anwar, artikel itu menyebutkan pendapat beberapa ulama klasik kok.
Kemudian, seorang imam hadits tidak selalu mengumpulkan hadits yang
dinilainya shahih atau disetujuinya karena seringkali fokusnya adalah
ke topik tertentu. Jadi, tidak pas jika dikesankan mengadu-adu
antar-ulama. Al-Imam asy-Syafi'i rahimahullah berguru ke al-Imam Malik
rahimahullah, dan pendapat beliau tidak selalu sama dengan gurunya.
Begitu juga dengan Abu Yusuf dan Muhammad asy-Syaibani rahimahumallah
banyak berbeda pendapat dengan guru keduanya, al-Imam Abu Hanifah
rahimahullah.

> Kalau ambo yo labiah yakin ka Ulama di awal zaman, sbb rasul saw lah
> manyabuik, generasi/ummat/ulama nan terbaik itu adalah dikurunku(abadku),
> dan sesudahnya dan sesudahnya (3 abad).
>
> Bararti nan labiah dakek ka zaman rasul saw nan labiah baik.

Benar, Pak. Oleh karena itu, sangat saya harapkan ada keterangan
tentang praktik tiga generasi terbaik tersebut dalam merayakan mawlid
nabi.

--
Abu 'Abdirrahman, Ahmad Ridha bin Zainal Arifin bin Muhammad Hamim
(l. 1400 H/1980 M)