Assalamualaikum WW.

Mungkin iko ikut menambahkan se

Mungkin banyak diskusi alah dibuek mengenai adat Minangkabau diantaronyo
seperti yang tergambar di bawah ko. sebagai tambahan, ado persoalan besar juo
yang terus berlangsung adolah mengenai gesekan konsep tenurial adat
(penguasaan) adat jo konsep tenurial negara atas tanah-tanah ulayat. Dalam
kasus-kasus HGU, tanah-tanah ulayat itu telah berpindah manjadi tanah negara
melalui mekanisme pemberian HGU (Hak Guna Usaha. Barulah kapatangko lahia Perda
No. 16 Tahun 2008 Tentang Tanah Ulayat dan Pemanfaatannyo yang salah satu
klausulnyo manyabuikkan, intinyo, setelah HGU salasai, mako tanah itu baliak
manjadi ulayat nagari. Tapi paralu dipikiakan dalam bantuak apo ?. Hukum
agraria sejauh iko hanyo mengenal mekanisme redistribusi tanah untuak
pemberian-pemberian hak. Kalau dalam pendekatan pengakuan, permen agraria No. 5
Tahun 1999 membatasi sebagai berikut ;

Pelaksanaan hak ulayat masyarakat hukum adat sebagaimana tidak dapat lagi
dilakukan terhada bvidang-bidang tanah yang pada saat ditetapkannya Peraturan
Daerah sebagaiman dimaksdu Pasal 6 :
a. sudah dipunyai oleh perseorangan atau badan hukum dengan sesuatu hak atas
tanah menurut Undang-Undang Pokok Agraria;
b. merupakan bidang-bidang tabnah yang sudah diperoleh atau dibebaskan oleh
instansi pemerinyag, bahan hukum atau perseorangan sesuai ketentuan dan tata
cara yang berlaku.

Ambo kiro masalah lapehnyo ulayat-ulayat nagari ko paralu juo kito sikapi
basamo.

Salam

andiko