On Mon, 24 Jan 2005, Rio Martin. wrote:

> Perhitungan pakai ISP sendiri, untung - ruginya mesti dipikirin juga:
>
> 1. Apakah proxy ISP yang kita pakai bandwidthnya sesuai atau bahkan lebih
> besar dari kontrak yang kita sewa ? Kalau lebih kecil, berarti penurunan
> kualitas donk :((

hmmm...ya betul juga

> 2. Apakah proxy ISP yang kita pakai uptimenya memang sangat baik? tidak
> sering
> rusak atau down ? Tidak merepotkan kita untuk bulak balik telepon ISP hanya
> gara2 proxy down, sedangkan networknya secara langsung tanpa proxy tidak
> down.

dgn perhitungan kita bayar ISP utk service yg kita minta,
kita sbg klien ISP berhak memakai hak kita dong mustinya :)

pengalaman saya,
ada baiknya juga kita berteman baik dgn temen2 yg jadi 'admin isp' (secara
personal),
yg hardcore langsung menangani server dlsb, bukan hanya ke bagian 'customer
service' isp

> 3. Apakah proxy ISP yang kita pakai ini juga memiliki respon HIT yang baik,
> minimal better than proxy yang kita buat saat ini ?

imho, old isp (spt indonet cbn) is good (technically or non-technically)
saya belum pernah putus asa dg mereka :)

> 4. Apakah proxy ISP ini langsung berhadapan dengan situs tujuan langsung,
> atau
> malah diparentkan lagi ke proxy lain? Tentunya jika masih diparentkan lagi,
> mending langsung saja ke yang pasti - pasti aja deh :))

:) imho sih, menurut saya, yg 'pasti-pasti' adalah yg kita bayar :)
apalagi kalao account 'corporate'

balik lagi ke hak & kewajiban (baik ISP atau kita sbg klien ISP)

anyway thanks for the info

-ilya-