Assalamu 'alaikum wr.wb.

Saya nggak yakin orang bakal banyak switch ke Mac OS X kalau nggak ada
Microsoft Office di Mac. Setelah Office ada di Mac, jauh lebih gampang
menyuruh orang pindah ke Mac daripada sebelumnya, dimana ada image
bahwa Mac hanya dipakai oleh Designer & desktop publishing.

Saya pribadi sih sebenarnya lebih suka advocating Mac OS X client &
server untuk sebuah organisasi berisi beberapa puluh orang. Organisasi
ini biasanya tahu mereka butuh sistem Internet dsb, tapi mereka nggak
punya kemampuan teknis untuk bertarung dengan security woes nya
Windows.

Kalau mereka punya duit, enakan suruh mereka invest Mac OS X server ama
client nya eMac atau Mac Mini. Tinggal klak klik klak klik, udah bisa
bikin user, pasang firewall, bikin mail server, mailing list, bikin
blog server dst. Nggak ada worm, virus dan segala macem kekacauan yg
ada di Windows itu. Nggak perlu admin yang canggih dan jagoan untuk
men-administer server Mac OS X itu.

Tetapi kalau dibilang Windows itu nggak secure sekali, juga nggak
benar. Ada kok caranya bikin infrastruktur Windows server yang secure
itu, cuma nggak terlalu mudah. Servernya musti diamankan (menurut
pengalamanku lebih susah daripada mengamankan server UNIX), pasang
Windows Update Server lokal, konfigur firewall di client, bikin partisi
terpisah antara system dan data (agar kalau diinstall ulang, datanya
nggak hilang), dsb. Sayangnya hal ini harus dilakukan sejak awal lagi,
agar tidak merepotkan di kemudian hari. Kalau mau diubah, walaupun
dilakukan dengan pelan-pelan, jadinya seperti cuci piring.

Kalau solusi Linux/BSD, itu lebih cocok untuk solusi fire and forget,
sekali diinstall, ditinggal tidur juga nggak apa-apa, dengan catatan,
organisasi tadi harus memelihara admin standby yang betul-betul
mengerti. Kalau ditinggal sendirian ya nggak bisa, takutnya ada partisi
yang penuh, sistem ngehang, usernya nggak bisa apa-apa.

Jadi kesimpulannya :

- advocating Mac utk organisasi yang nggak ada adminnya sama sekali
- advocating Linux/BSD untuk organisasi yang punya admin standby
- advocating Windows bisa dilakukan, asal dilakukan dengan benar sejak
awal.

Maafkan saya kalau hari ini saya meracau,
wass.wr.wb.

-affan

Kirim email ke