> atau mungkin gak karna kita gak siap menerima keyakinan yang berbeda, om
> Zaki? di diskusi orang2 barat, saya sering dengar begini, "I think mr.X will
> disagree with me".  seolah2 menunjukkan kesiapannya untuk berbeda pandangan.

Dalam dunia modern,seringkali bukan setuju atau tidak setujunya yang
penting,melainkan "reasoning" dibelakangnya.

Setelah itu, jika "reasoningnya" sudah didiskusikan sedemikian rupa dan
tampak pilihan mana yang paling reasonable,everybody (termasuk yang gak
setuju) harus commit dengan kebijakan itu.

Contohnya, kalo di DPR kita,memang bebas berpendapat,tapi mereka "asal
beda berpendapat" tanpa alasan yang jelas karena kawan diskusinya yang
berseberangan pendapat --beda partai dan beda haluan ... he he he :-))