On Fri, Dec 30, 2005 at 12:38:02PM +0900, Pakcik wrote:

> saya agak2 setuju tapi pada akhirnya gak setuju.  :)
>
> Kalau reasoning nya bagus, dan tingkat pendidikan warganya bagus sehingga
> bisa terima reasoning itu, otomatis di dukung.   Siapa yang bisa bikin
> reasoning yang bagus? expert, pakar, ahli. Unfortunately, di dunia demokrasi
> gak ada pakar. semua setara.

Dan jangan lupa, reasoning bisa dipelintir sedemikian rupa. Itu pake ilmu yang
namanya retorika :-)

Kalau saya pedagang komputer, kemudian ada isu impor komputer bekas, maka
dengan pertimbangan bahwa dagangan saya nggak laku, maka saya bisa
berargumentasi habis-habisan dengan reasoning lingkungan, sampah teknologi dan
lain-lain.

Kalau saya importir yang dapat kontrak import komputer bekas, dan sudah ada
pasar, maka dengan pertimbangan bahwa saya akan untung besar, maka saya bisa
berargumentasi komputer bekas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkecil
barrier entry dan lain-lain.

Jadi, silakan disimpulkan sendiri tentang reasoning (istilah kerennya:
ngelesologi atau ilmu ngeles)

--
fade2blac

Kirim email ke