On Tue, Feb 07, 2006 at 06:42:28PM +0100, Ariya Hidayat wrote:
> Xgl+Compiz baru saja dirilis oleh Novell. Video demo efek-efek cantik
> yang dimungkinkan oleh Xgl ini bisa dilihat dari blognya
> Miguel:http://tirania.org/blog/archive/2006/Feb-07-1.html
>
> Eye candy seperti ini memang "cool factor". Tapi permasalahannya,
> adakah yang betul-betul mengkonfirmasi kalau adopsi Linux untuk
> desktop ditentukan faktor eye candy? Lihat rilis pres dari Novell
> (http://www.novell.com/linux/xglrelease/): "...Linux desktops will
> become more usable, end-user productivity will increase, and ...".
> Bagaimana korelasi langsung dan signifikan antara efek ala Mac OS X
> [...]

Coba deh liat videonya yg transparency, gak tau itu suara siapa, tapi
dia bilang gini abis nunjukin windownya bisa dibuat transparent "maybe
this isn't particularly useful, but it does show the power of what we
can do".

Saya bukan ahli UI/usability, tapi kalo boleh memberi pendapat
kualitatif kira2 gini. Yg kita lihat sebagai "eye candy" itu kadang
bisa membantu mata dan persepsi kita untuk mengidentifikasi objek2
secara cepat di desktop, mana yg butuh perhatian kita, mana yg bisa
diignore. Pemisahan ini penting utk membuat kita lebih fokus, less
distractions. Ini kayaknya yg ada hubungannya dg produktivitas.
Pendapat ini tentu saja sangat arguable, misalnya: utk less
distractions ya buka aja satu window at a time (maximize yg difokus,
dan/atau tutup/minimize yg lain).

Saya menunggu pendapat dr Boy nih, hehe pengguna OS X dan ahli
usability.

Ngebayangin kalo semua peserta teknologia ini ngerjain sesuatu bareng
di real life (misalnya project atau buka company) wah bakalan sip
banget, banyak experts yg punya talents di banyak dan segala bidang,
dari networking, security, admin, programming, usability, blogging
sampe management. Belum lagi semangatnya. Wah...

Ronny