[EMAIL PROTECTED] wrote:
> [...]
> pelosok dunia.
> meskipun tentu letak geografis pasti ada pengaruhnya dalam cara
> berpikir, tapi bagaimana dan apa pengaruhnya, saya tidak tahu.

> tapi saya berikan beberapa koreksi untuk pernyataan carlos yang tidak
> tepat.

> perbandingannya perlu diperjelas, apakah membandingkan west vs. east
> coast atau california dan new york.
> new york pun adalah state partai demokrat meskipun dipimpin oleh
> gubernur republik spt juga california.
> dan jangan lupa nyc adalah salah satu pusat imigran di amerika. menurut

Sebenarnya perbandingan ukuran output produksi mas Roby.
Di east coast sana kan sedikit ada persh hitek yg world class dibanding
di california, Lucent terakhir di Jersey sudah jadi bagian dari Prancis
sekarang. Tinggal IBM saja sepertinya yg masih jadi persh besar di
east.

> meskipun ada data statistik yg valid bahwa imigran lebih banyak di west
> coast, masih perlu ditunjukkan
> bagaimana pengaruhnya pada argumen2 yang dilempar dalam diskusi ini.

Relevansi yang paling tepat (dan bahasan thread ini) ada di buku Flight
Capital mas Roby. Memang kebetulan saja imigran hitek yang di "ring 1"
kebanyakan berada di northern california, bukan di boston, bukan di new
york.Disitu dijelaskan tentang peran Imigran di AS sebagai pemeran
utama dalam pembangunan sektor hitek (IT,Bioteknologi,penelitian,etc).

Flight Capital : The Alarming Exodus of America's Best and Brightest
(Hardcover)
http://www.amazon.com/gp/product/0891062025/103-6195127-0878244?v=glance&n=283155

Masalahnya sebagian dari mereka itu exodus meninggalkan Amerka.Tentunya
gak semua, masih banyak yang disini, tapi efeknya sudah kelihatan.

Jelas sekali dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini ada massive brain
drain dari US ke negara lain dan "distribution of intellectual" dari AS
ke emerging countries (yg sudah alarming).

> saya tidak bisa komentar karena saya kurang begitu paham apa yg
> dimaksud "branding".
> mungkin jika ada contoh spesifik produk/perusahaan yang hanya
> "branding" saya bisa memberi komentar.

branding itu sebenarnya karena persh amerika kuat di market focus, tapi
mulai dari R&D, aplikasi diatasnya,manufakturnya itu dilakukan di
banyak negara secara global.