> Menariknya India pun melakukan hal yang sama (restrukturisasi peraturan

> hhahaha Nama Carlos  bisa jadi sasaran tembak pro buruh nich hahahhah,any
> way  udah lah dari pada sibuk demo bikin macet mendingan kerja, buat
> produksi rejeki ngga ketuker koq, kalau kita kerja baik, perusahaan sukses
> ujung-2nya juga dapat bonus juga, kalau bonus nya kurang gede yaa bikin
> perusahaan sendiri hahahah

Saya punya interest mengapa India dan China bisa maju sebagai emerging
countries, banyak buku dan orang yang saya wawancarai untuk mengetahui
rahasia mereka, termasuk ketemu peraturan yang dibuat mereka seperti
diatas ini.

Sejujurnya kaget juga bahwa cara seperti Lee Kwan Yew diatas yang
memang dipakai untuk membuat/menstimulir pertumbuhan ekonomi secra
jangka panjang. Memang ini pandangan yang kurang populer karena
cenderung melindungi pihak pengusaha yang mempunyai kapital ( tidak pro
wong cilik katanya ... he he he ) , tapi pahit pahitnya harus dikatakan
kepada org Indonesia secara terbuka.

> Saya masih ingat karena punya komplain yang sama seperti Pak Budi kalau
>

> lho Indonesia aja yang emang murah senyum, di negara2 eropa penumpang kereta
> cuek abis dan sibuk membaca dari free koran setiap pagi di station metro
> atau buku, ini juga sangat efektif, "terus ntar ada yang bilang" yaa cuman
> kan metro disana  bagus ngga padet kayak jabotabek,  jangan salah, kalau
> yang pernah ke UK metro disana kalau pagi dan sore juga padetnya minta
> ampun, sampai  mereka buat tabloid yang kecil supaya ngga merepotkan kalau
> membacanya,

mrt di singapore jauh lebih bagus kebersihan dan kualitasnya dibanding
london metro dan NYC subways.

Jangan lupa di spore juga lebih aman, kan banyak tuh anak mudanya yang
kena wajib militer dan pake baju tentara lagi geleng2 di mrt sambil
dengerin ipod , tentara yang paling stylish :-)

-mcp

Kirim email ke