kalau tulisan si lutfi perlu dinyinyiri sih, ane setuju setuju aja. soale
tulisan dia emang ngebandingin ekonomi di wilayah israel yg meriah, kayak
cafe cafe jaman kemang, sementara orang arab palestina yg tinggal di
jerusalem kehidupannya kayak di slum.  nyinyir banget tulisannya.  tapi yg
jadi masalah, dia gak nulis tentang gaza.

jadi yah, saya anggap tulisan bantahan thd si luthfie adalah terhadap
kenyinyiran dia yg berpihak pada orang kaya dan berkuasa (israel) sementara
dia nyinyir pada muslim yg miskin yg hidupnya di dominasi sama wong ngisrael
ini.  sebatas itu aja sih.  soalnya kan bantahannya bukan bantahan terhadap
fakta sosial kehidupan sehari hari yang ada.  so, tulisan lutfie dan
bantahannya menurut saya ndak relevan yah.

sementara kalau tulisan si samosir ini kan dia datang di israel dan memotret
gaza dari sisi luar, abis itu dia masuk ke pasar, ke toko toko, klinik,
perjalanan sejam dua jam pastinya gak bisa mengcover cerita dalam dari
sebuah masyarakat kali yah.  sama kayak orang yg tinggal di komunitas selama
setahun, melt in, dibandingin orang yg touring naik motor cuman ngelintasin
kota tersebut 5 menit doang.  yg ditangkap dan dirasakan pasti beda.  yah,
kita bisa diskusi panjang ttg perspektif yg berbeda, tapi lebih bagus lagi
kalo ada lebih banyak fakta ttg gaza yg bisa kita tangkap.

kayak kartun nabi gitu lho.  gara gara banyak yg jelek jelekin, malah banyak
yg baca qur'an dan malah masuk islam.  yg penting informasi yg banyak dan
beragam, nanti akal sehat kita yg akan memilah mana informasi yg
mencurigakan mana yg abal abal.

2010/6/18 Irwan Kurniawan <irwank...@gmail.com>

> Paragraf I ente disengaja/tidak bisa menggiring opini bahwa fakta yang
> diangkat
> selama ini mirip eh keliru..
>
> Yang jelas 2 baris pertama reply itu itu fakta..
> Tambahan pertanyaan: apakah foto" yg ente fwd itu bagian dari hoax (seperti
> biasa)
> dari kalangan pro (zionis) israel?
>

> --
> Wassalam,
>
> Irwan.K
> "Better team works could lead us to better results"
> http://irwank.blogspot.com
> fb/twitter/skype: irwank2k2

> [...]

Ari

<*> Your email settings: