encosid <enco...@------------bismilahirahamnirrahiim

Selamat berpuasa dan semoga latihan kita selama 30 haru
setahun ini  benar2 mendapat latihan yang benar agar kita
bisa menjadi seorang muslim yang bertaqwa artinya seorang
Muslim yang sukes meningkatkan akhlaqnya, keimannannya dan
ekonominya...dgn kata lain seorang muslim yang 'KHAFAH'
=======================================
PERTANYAAN;
pertanyaan saya : dengan tidak ada rasul, bagaimanakah kita mengelola
perbedaan-perbedaan dalam penafsiran Al Qur'an, agar perbedaan itu menjadi
suatu kekuatan ?
=====================================
RESPOND SAYA

ALLAH maha Tahu dan Maha Bijaksana, al Quran itu adalah kitab
pedoman hidup kita sebagai seorang muslim, kitab yang terbaik
di bawa oleh Rasulullah saw sebagai warisan yg ternilai

Coba kita bayangkan kalau tidak ada kitab2 ALLAH turun kpd nabi2
kita2 ini seperti manusia2 yang tinggal di hutan2 itu, tanpa baju
tdk tahu mana yg haram dan halal, tidak tahu yang hak dan batil dll

BAGAIMANA BERAGAUL SESAMA MUSLIM YG BERBEDA BEDA;

1. Lihat ayat ALLAH dari QS 49: 9-12. Yang intinya adalah;

----kalau terjadi pereselisihan sesama muslim, damaikanlah
kedua belah pihak itu. Kalau salah satu melakukan perbuatan
kekeasan kd saudara2nya, maka perangilah yang berbuat kekerasan itu.

----semua orang2 yg beriman kpd ALLAH (tauhid) adalah saudara2 seiman
dari cucu2 nabi Ibrahiim sampai muhammad saw.

----sesama saudara tidak boleh mengharamkan saudara yang lain, belum
tentu yang di haramkan itu salah, kemungkinan jadi yang mengharamkan
itu yang salah..

2. Firqoh2 Islam yg berbeda beda menafsirkan setelah Rasul wafat.
dan ada yang mengaku nabi, imam, mujadid dan sebagainya, itu bukanlah
tanggung jawab kamu Muhammad  atau( ulama2 sekarng ini), tapi adalah
tanggung jawab ALLAH. Sebab ALLAH saja yg mengetahi siapa2 yang benar keyakinan
agamanya dan siapa2 yang sesat.
Lihat

Sesungguhnya orang orang yang memecah belah agamanya dan mereka terpecah
menjadi beberapa golongan, tidak ada sedikitpun tanggung jawabmu terhadapat
mereka. Sesungguhnya urusan mereka hanya lah terserah kepada Allah, kemudian
Allah akan memberitahukan kepada mereka apa yang telah mereka perbuat.QS.6:159.

BAGAIMANA CARA MENGNGATKAN SAUDARA2 KITA YG DIANGGAP SALAH?;

Dan dia termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan/mengingatkan
untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang. Mereka (orang-orang
yang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan." QS 90:17-18

Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka
bumiseluruhnya. Maka apakah kamu hendak memaksa manusia supaya mereka menjadi
orang orang yang beriman semuanya?"QS.10;99

Dan tidak ada seorang pun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah
menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan
akalnya.QS.10:100

Semoga ayat2 ALLAH diatas itu dapat menjawab pertanyaan anda,amien

wasslam