Saya pikir ini ide yang bagus, kalau perlu dilombakan buat mahasiswa
ITB setiap tahun. Inti dari gladi posko adalah manajemen, kerjasama
group dll, dimana prosesnya dilakukan dalam waktu yang singkat
(berkejaran dengan waktu yang ditentukan), jadi membutuhkan proses
pengambilan keputusan yang cepat dan cermat. Kegiatan Gladi posko
telah menjadi materi standar di dinas staf saya nggak tahu sejak
kapan, dan apakah sekarang masih berjalan. Saya dengar ini diadopsi
dari seskoad dan sesko abri, hanya mengalami modifikasi oleh anak2
yon I sehingga menjadi menarik. Menjalani suatu gladi posko ibarat
menjalanikan batalyon I ITB dalam rentang 1 tahun, berbagai kegiatan
dari pembinaan, pencarian biaya, meminjam fasilitas, pengawasan,
hingga mengatasi berbagai trouble, ...pokokny sangat menarik. Waktu
satu tahun dijadikan 1 atau dua hari, itu menarik sekali, saya pikir
ide pak andoko ini ide jenius!!

Rifki Muhida