wah, saya ngga inget gladi posko mulai ada sejak kapan, namun seingat saya
memang diadaptasi dari programnya seskoad atau kawan-kawannya :)

intinya, disitu dibentuk suatu batalyon, ada komandan, ada wadan, ada stav I
sampai V, terus batalyon ini ditugaskan untuk mengadakan suatu acara. Acara
besar, misalnya seminar, selain tetap menyelenggarakan acara rutin seperti
diklat, suspelat, dinas staf, seolah olah itu kegiatan yang real.

nah, pada kegiatan itu, waktu disimulasikan misalnya 5 menit diasumsikan
sebagai 1 hari (24 jam), jadi disitu ada kalender "imajiner", dan batalyon
latihan itu punya jadwal sesuai dengan kalender tersebut, misalnya setiap
hari kamis ada rapat, nah, berarti setiap 35 menit (35 menit sama dengan
satu minggu toh?) , batalyon itu mengadakan rapat.

menariknya karena kegiatan tersebut merupakan simulasi manajemen yang
saaangaaat padat. Otak berlomba dengan fisik, biasanya kita bikin proposal
dalam 1 hari, sekarang dituntut bikin proposal dalam 5 menit (ekstrimnya).

Kira kira ada gambaran tidak Pak Syafril ?

Terima kasih,

Andoko
9677.08.32536