Liat tulisan saya baek2: "Trus SI HARUN BILANG.... " yang artinya
dalam bahasa Endonesha ini adalah pendapatnya si Harun yang saya
ceritakan kembali kepada anda2.

Udah gitu pendapat anda soal gravitasi black hole di samakan dengan
gravitasi antar benda angkasa. Ini tidak sepenuhnya benar. Hukum
gravitasi seperti di bumi masih menganut hukum Newton yang 3 dimensi.
Artinya, perubahan jarak akan berlaku linier terhadap waktu. Tapi
dalam black hole, hukum 4 dimensinya si einstein yg berlaku, dimana
jarak dan waktu menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Artinya
dalam kecepatan cahaya besarnya massa mampu membengkokkan waktu.

Jarak planc yang anda sebut tidak berlaku dalam black hole. Anda harus
ingat black hole bukanlah benda padat kayak bumi, yg bentuknya bisa
keliatan karena cahaya masih mampu memantulkan. Ini adalah sebuah
daerah dimana cahaya tidak dapat memantulkan, jadi berkesan gelap dan
hitam pekat. Anda kan tidak tau pusat massanya dimana? Apakah itu
berbentuk seperti planet yg bulat? atau sebuah lobang? atau apa? Lalu
anda mau menghitung jarak planct darimana?

Tidak ada yg tau bentuk black hole seperti apa sebetulnya. Garis
terluar daerah hitam ini disebut event horizon. Inilah batas dimana
mulai berlakunya hukum 4 dimensi Einstein. Penyebutan event lebih
tepat, karena sifatnya yg 4 dimensi. Karena jika kita sebut garis
horison, maka seolah2 kita bisa mampu menentukan koordinatnya dengan
menghitung jarak dan waktu tempuh.

Spacetime itu kira2 gini. Saya dan anda sama2 berumur 21 tahun. Lalu
saya pergi ke black hole. Ketika saya balik lagi, anda sudah berumur
75 tahun waktu bumi, sementara saya masih berumur 25 tahun.

--- In zamanku@yahoogroups.com, Lurino <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
>
> gw tulis ulang deh..
>

> TTBNICE:
> Trus Si Harun bilang daya hisap si black hole terhadap benda2 lain.
> Hisap my ass. Kita liat deh logika yg paling sederhana.
> Kalo ke hisap, trus kenapa kita masih disini? Kalo yg dimaksud hanya
> yg ada di sekitarnya, kejadiannya pasti udah jutaan taun yg lalu
> ketika black hole terjadi. Mosok nungguin manusia muncul baru keisep?
> Karena keisepnya udah lama, darimana si Harun tau kalo ada yg keisep?
> Ada prasasti yg nulis itu?
>
> Penjelasan lurino tentang mekanisme blackhole menghisap your ass,
karena tampaknya bung ttbnice ga ngerti banget soal blackhole...

> [...]
>
> gravitasi, dia akan beredar dalam orbit yang konstan terhadap pusat
>
> gravitasi. ini yang terjadi dengan planet dan mataharinya, elektron
>
> dan inti atom, dan juga galaksi.
>
> photon [cahaya dalam bentuk partikel energi] yang bergerak ke arah
>
> lubang hitam ga memiliki massa, dan berada dalam jarak yg sangat dekat
>
> dengan pusat gravitasi lubang hitam, karena itu akan tersedot.
>

> sama seperti bumi ga tersedot ke matahari karena berada di jarak
>
> planck, demikian juga galaksi ini ga tersedot karena tiap sistem
>
> berada dalam jarak planck masing2, jadinya beredar di orbitnya masing2.

Kirim email ke