Duh gimana sih Mus, dukun itu terlalu ruwet dan subyektif. Gak ada
standardisasinya. Ini justru mengundang resiko yg lebih tinggi kepada
masyarakat dibanding manfaat yang bakal dipetik.
Ada dukun yang memang memiliki skill yg cukup spt dukun beranak dan oleh
pemerintah juga diberi pengetahuan yg seragam. Juga banyak tabib dengan
pengetahuan pengobatan tradisional memadai yg juga digeneralisir dengan
dukun.
Meski begitu tabib inipun tak memiliki standar yg sama.

Tapi yang paling banyak praktek dan ini yang sering bikin simpang siur
adalah dukun tanpa pengetahuan dan ketrampilan apapun bisa praktek untuk
publik. Bagaimana dukun bisa mengobati, sementara anatomi tubuh saja dia
tak ngerti sama sekali?
Bagaimanapun efek placebo tak akan menyembuhkan penyakit2 yg besar dan
kronis. Efek placebo hanya membantu sugesti pasien dan utk penyakit
kelas ecek2.

Di masy kita saat ini masih banyak yg mempercayai mukzizat2 yg
ada/muncul pd orang2 tertentu atau krn pengaruh peristiwa tertentu. Yg
seringkali belum pernah liat bukti kebenarannya. Mereka hanya denger2
saja. Bagaimana bisa, belum lihat bukti sudah percaya?

Dlm hal Ponari ada hal lain yg saya perhatikan sebenarnya juga turut
membuat pasien mbludak. Sebut saja 'Judi ecek-ecek'.
Jika kedokter bakal habis biaya besar, nah di sana cuman bayar seribu
dua rebu. Jadi kalopun gagal juga kagak ngaruh secara ekonomi krn pasien
juga rata2 ekonomi sulit. Coba saja pasien yg datang suruh bawa 2 sapi,
pasti sepi ...

Salam,

Hafsah Salim wrote:

> Dukun itu merupakan alternative pengobatan tradisional bagi
> masyarakat. Oleh karena itu, meskipun secara medical science banyak
> kekurangannya, namun bukanlah harus dilarang, melainkan mereka oleh
> Departement Kesehatan digandeng, diberi pendidikan untuk memberi
> pertolongan kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat yang tidak
> ter-raih oleh dokter.
>
> Program Dukun beranak adalah satu contoh proyek pemerintah yang paling
> sukses.
>
> Soal MUI sudah jelas, badan ini seharusnya dibubarkan karena bukan
> [...]

Kirim email ke